MTsN 4 Gunungkidul Gelar Upacara Peringatan Perdana Hari Penegakan Kedaulatan Negara

  Rabu, 01 Maret 2023 | 11:28:39 Dibaca 98
MTsN 4 Gunungkidul Gelar Upacara Peringatan Perdana Hari Penegakan Kedaulatan Negara

Wonosari (MTsN 4 Gunungkidul) -- MTsN 4 Gunungkidul menggelar upacara memperingati hari bersejarah pada Rabu (1/3/2023). Tanggal 1 Maret diperingati sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara. Hal tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Hari Penegakan Kedaulatan Negara. Keppres ini tandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 24 Februari 2022 lalu.

Bertindak Sebagai Inspektur upacara adalah Kepala Tata Usaha, Suraji membacakan amanat Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta yang berisi Peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara Tahun 2023, memang selayaknya dimulai dengan kontemplasi batin “Liring Pangastuti Trusing Tyas” bahwa hati sanubari dan cakrawala pikiran memang harus dibuka seluas-luasnya, agar Hari Penegakan Kedaulatan Negara, menjadi suluh penerang dan inspirasi dalam mencintai tanah air Indonesia.

Untuk itulah, setelah meresapi makna dan esensi yang melingkupinya, Hari Penegakan Kedaulatan Negara, harus pula ditafsirkan secara rasional melalui berbagai karya nyata, karena rasionalitas lebih tepat menyikapi berbagai dinamika. Dengan kata lain, kecintaan warga negara Indonesia, akan terbangun secara nyata, apabila tataran “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab” dapat dicapai, melalui pembangunan yang adil dan beradab pula.

Peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara juga memiliki makna “Persatuan Indonesia”, merefleksikan bersatunya berbagai elemen bangsa, dalam melawan tirani penjajahan. Sehingga hari ini, dapat pula dimaknai sebagai refleksi semangat rakyat, yang senantiasa menunjukkan keberanian dan ketangguhan, dalam gelora “Bagimu Negeri….Jiwa Raga Kami”. Dalam Keppres No. 2 tahun 2022 tentang Hari Penegakan Kedaulatan Negara disebutkan bahwa tujuan ditetapkannya Hari Penegakan Kedaulatan Negara adalah menanamkan kesadaran masyarakat terhadap nilai sejarah perjuangan bangsa guna memperkuat kepribadian dan harga diri bangsa yang pantang menyerah, patriotik, rela berkorban, berjiwa nasional, dan berwawasan kebangsaan, serta memperkokoh persatuan dan kesatuan nasional. (eaf)

Penulis : MTsN Wonosari/MTsN 4

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul