MIN 7 Gunungkidul Gelar Upacara Hari Penegakan Kedaulatan Negara dengan Khidmat

  Rabu, 01 Maret 2023 | 09:16:01 Dibaca 81
MIN 7 Gunungkidul Gelar Upacara Hari Penegakan Kedaulatan Negara dengan Khidmat
Pembina Upacara - Ismail Afandi Hidayatulloh, S.Pd.I saat memberikan amanat upacara

Patuk (MIN 7 Gunungkidul) -- Pada hari ini, lebih dari 7 dekade yang lalu telah terjadi peristiwa Serangan Umum 1 Maret yang yang digagas oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan diperintahkan oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman serta disetujui dan digerakkan oleh Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta dan didukung oleh Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, laskar-laskar perjuangan rakyat, serta segenap komponen bangsa Indonesia lainnya. Hal tersebut tentu menjelma menjadi bagian  penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang mampu menegakkan kembali eksistensi dan kedaulatan Negara Indonesia di dunia internasional serta telah berhasil menyatukan kembali kesadaran dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Sejarah tersebut kian bermakna bagi bangsa Indonesia, seiring diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 2 Tahun 2022, tentang penetapan 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara. Sehingga berdasarkan keputusan tersebut Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta mengistruksikan melalui surat nomor 003/2175 kepada seluruh jajaran pemerintahan dan swasta baik di tingkat I dan II agar menyelenggarakan upacara bendera pada hari Rabu, 1 Maret 2023.

MIN 7 Gunungkidul menyelenggarakan upacara bendera di halaman madrasah tepat pukul 08.00 WIB. Kegiatan tersebut merupakan salah satu media untuk lebih memaknai nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa guna memperkuat kepribadian dan harga diri bangsa yang pantang menyerah, patriotik, rela berkorban, berjiwa nasional, serta memperkokoh persatuan dan kesatuan nasional.

Dalam Upacara Hari Penegakan Kedaulatan Negara tersebut, Bapak/Ibu guru serasi mengenakan seragam Korpri (Korps Pegawai Republik Indonesia), meskipun sempat turun gerimis pada saat berlangsungnya upacara bendera, seluruh peserta upacara tetap bersemangat dan khidmat hingga upacara selesai. (ph)

Penulis : MIN Patuk/MIN 7

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul