Jemaah Haji Gunungkidul Keberangkatan 2023 Ikuti Pengukuran Kebugaran

  Rabu, 08 Maret 2023 | 15:34:58 Dibaca 490
Jemaah Haji Gunungkidul Keberangkatan 2023 Ikuti Pengukuran Kebugaran

Wonosari (Kemenag Gunungkidul) -- Dalam rangka pelaksanaan Ibadah Haji Tahun 2023, Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan kegiatan pengukuran kebugaran jasmani bagi calon Jemaah haji Kabupaten Gunungkidul di Lapangan Kesatrian, Rabu (8/3/2023). Hadir pada kesempatan ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul, Drs. H. Sa’ban Nuroni, MA., serta Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, dr. Dewi Irawaty, M.Kes.

Dalam sambutannya Sa’ban mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Kesehatan beserta jajaran yang telah memfasilitasi kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan baik. “Hari ini kita melanjutkan proses ibadah kita dalam rangka menuju ke Baitullah yaitu pengukuran kebugaran, ini harus kita maknai sebagai sebuah rangkaian ibadah haji sehingga semuanya mendapatkan kemudahan dan ganjaran dari Allah SWT,” tuturnya.

Sa’ban menjelaskan bahwa tes kebugaran ini bukanlah untuk menentukan berangkat atau tidaknya seorang jemaah, namun untuk mengukur seberapa sehat calon Jemaah agar harapannya saat menjalankan ibadah haji nanti para Jemaah dalam kondisi yang sehat bugar. 

Sealur dengan yang disampaikan Sa’ban, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul Dewi Irawaty menuturkan bahwa tes kebugaran ini bukanlah seleksi. “Jadi jangan berlomba-lomba untuk juara, sesuaikan dengan kemampuan. Kalau nanti masih ada yang perlu dibantu untuk meningkatkan kebugaran kita juga punya teman-teman yang bisa memberikan konsultasi agar Bapak/Ibu bisa meningkatkan kebugarannya dirumah/ tempat masing-masing,” jelas Dewi.

Kegiatan pengukuran kebugaran ini diikuti oleh 419 jemaah dari berbagai Kapanewon yang ada di Gunungkidul. (sna)

Penulis : Siti Nurafrianti

Editor : Andi Eko

Facebook Kemenag Gunungkidul