MAN 1 Gunungkidul Adakan Pelatihan Kader Kesehatan

  Jumat, 17 Mei 2024 | 14:06:04 Dibaca 798
MAN 1 Gunungkidul Adakan Pelatihan Kader Kesehatan
Kepala MAN 1 Gunungkidul membuka pelatihan kader kesehatan

Wonosari (MAN 1 Gunungkidul) -- UKS MAN 1 Gunungkidul bekerja sama dengan dengan Palang Merah Indonesia Kabupaten Gunungkidul mengadakan Pelatihan Kader Kesehatan pada hari Jumat (17/5/2024) di  Aula Madrasah. Pelatihan diikuti oleh 40 siswa perwakilan dari kelas X dan XI. Tema pelatihan kali ini adalah Remaja Sehat dan  Berkarakter.

Narasumber pelatihan adalah Erma Sari Rohayati dari Palang Merah Indonesia Kabupaten Gunungkidul. Materi pokok pelatihan “Pertolongan Pertama” meliputi pengertian, tujuan dan hal-hal yang perlu dilakukan oleh pelaku pertolongan pertama. Materi lainnya kesehatan remaja, pertolongan pertama saat pingsan, saat mimisan, saat pendarahan pada kaki, saat patah tulang, saat digigit ular, saat sesak nafas, dan cara menghitung denyut nadi.

Kepala MAN 1 Gunungkidul H. Kholis Muhajir, S.Ag., M.S.I dalam sambutan pembukaan pelatihan menyampaikan kesehatan fisik harus diikuti dengan kesehatan mental (akhlak yang baik). Harapan Kholis agar peserta mengikuti kegiatan ini dengan baik dan akan menjadi role model di lingkungan sekitar.

Tujuan kegiatan ini adalah membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan tentang kesehatan sehingga mereka dapat berperan aktif dalam menjaga  kesehatan diri sendiri, teman, serta lingkungan madrasah. Salah satu peserta pelatihan, Caroline mengatakan bersyukur dapat mengikuti pelatihan. “Asyik dan  dapat tambah ilmu baru untuk menolong  orang lain dalam khidupan sehari-hari,” ujarnya.(thr)

Penulis : MAN 1 Gunungkidul

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul