Guru MTsN 3 Gunungkidul Masuk Tiga Karya Terbaik Antologi Kearifan Lokal

  Jumat, 10 Mei 2024 | 00:00:15 Dibaca 741
Guru MTsN 3 Gunungkidul Masuk Tiga Karya Terbaik Antologi Kearifan Lokal
Khori bersama penulis dari madrasah lain

Semanu (MTsN 3 Gunungkidul) – Dalam upaya meningkatkan minat baca dan budaya baca dan literasi di wilayah Gunungkidul, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan bekerja sama dengan Forum Pelita Gunungkidul menyelanggarakan launching buku Menyingkap Nilai-nilai Kearifan Lokal yang Tersembunyi di balik Keindahan panorama Gunungkidul, Senin (6/5/2024).

Selain buku tersebut, dilaunching juga buku karya penulis yang tergabung di Pelita Gunungkidul, bertajuk Coretan Perjalanan Guru dan Tenaga Kependidikan di Gunungkidul. Kegiatan tersebut bertempat di Ruang Rapat Utama Lantai 3 Dispussip Kabupaten Gunungkidul.

Dua puluh lima naskah terbaik dari puluhan naskah yang masuk kemudian diseleksi oleh tim yuri dari Kantor Balai Bahasa Yogyakarta untuk dibukukan. Khori Suhadaningsih, S.Pd., guru Bahasa Indonesia MTs Negeri 3 Gunungkidul memperoleh nilai terbaik ketiga.

Khori mengangkat kearifan lokal yang ada di Ponjong, dengan judul Kali Sumber: Antara Destinasi Wisata dan Sumber Kehidupan. “Saya melihat potensi luar biasa dari Kali Sumber yang berada di Desa Ponjong, Kecamatan Ponjong. Pemerintah desa memanfaatkan potensi yang ada untuk pengairan, konsumsi, kebutuhan sehari-hari, bahkan dibuat tempat wisata, yaitu Water Byur,” jelas Khori. Masyarakat tetap menjaga kearifan lokal. Masyarakat percaya, ketika kita menjaga alam, alam pun akan menjaga kita.

Kepala MTsN 3 Gunungkidul, Drs. Dwinabut merasa senang salah satu guru di madrasah bisa lolos seleksi dan masuk dalam antologi tersebut. “Semoga semangat menulis Bu Khori bisa menjadi pemantik guru lain untuk aktif menulis,” tutur beliau.

Selain buku Menyingkap Nilai-nilai Kearifan Lokal yang Tersembunyi di balik Keindahan panorama Gunungkidul, dilaunching juga buku karya penulis yang tergabung di Pelita Gunungkidul, bertajuk Coretan Perjalanan Guru dan Tenaga Kependidikan di Gunungkidul. (ksn)

Penulis : MTsN Semanu/MTsN 3

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul