Siswa- Siswi MIN 4 Gunungkidul Lakukan Inovasi Pemuatan Briket dan Selai Jahe

  Sabtu, 03 Juni 2023 | 15:39:23 Dibaca 216
Siswa- Siswi MIN 4 Gunungkidul Lakukan Inovasi Pemuatan Briket dan Selai Jahe

Wonosari (MIN 4 Gunungkidul) -- SaBer PungLi merupakan kegiatan sabtu bersih pungut limbah yang merupakan pembiasaan yang telah di lakukan  di MIN 4 Gunungkidul. Kegiatan ini tentunya melibatkan seluruh siswa-siswi, Guru dan Karyawan MIN 4 Gunungkidul. Pada hari Sabtu (3/6/2023) beberapa siswa dari kelas 3,4 dan 5 diajak dan diajari untuk memanfaatkan dan mengelola sampah organik serta pamanfaatan hasil tanaman yang ada di lingkungan sekitar MIN 4 Gunungkidul yakni pemanfaatan daun jati dan daun bambu kering serta pemanfaatan jahe yang dijadikan olahan selai dan permen.

Daun jati dan daun bambu yang kering tersebut akan dijadikan produk bahan bakar ramah lingkungan yakni briket. Daun kering yang selama ini dianggap sampah ternyata dapat dimanfaatkan untuk membuat briket. Briket daun kering dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif untuk untuk menghemat pemakaian bahan bakar minyak.

Muhammad Aska, Muhammad Farhat Triatoko, Asyifa Noveli Sabrina, Bilqis Dhea Az Zahra, dan Sherly Nur Rahmawati merupakan siswa yang dipilih untuk praktik langsung membuat briket dari daun jati dan daun bambu kering. Sebelum praktik Krisna Wahyu Pambayun selaku pendamping dalam pembuatan briket menyampaikan sedikit materi dan cara membuat.

Penulis : MIN 4 Gunungkidul

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul