Seksi PAIS dan Pengawas Tindak Lanjuti Hasil PK Online GPAI

  Kamis, 01 Juni 2023 | 09:37:48 Dibaca 487
Seksi PAIS dan Pengawas Tindak Lanjuti Hasil PK Online GPAI

Wonosari (Kemenag Gunungkidul) - Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS) dan Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul melaksanakan tindak lanjut awal hasil PK Online Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) Kabupaten Gunungkidul dengan menggelar Turba (turun ke bawah) berupa kegiatan pembinaan GPAI se-Kabupaten Gunungkidul sejumlah 741 guru  dengan sistem zonasi.

“Seksi PAIS bersama Pengawas Pendidikan Agama Islam melaksanakan pembinaan GPAI untuk meningkatkan kompetesensi guru, setelah sebelumnya dilakukan PK Online. Kegiatan ini juga menjadi media silaturahmi bagi guru-guru serta untuk menjaring masukan, saran dan kritik, juga untuk mengetahui kendala dalam segala hal, terutama pelayanan Seksi PAIS,” kata Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Faqih Shomadi S.Ag. M.Pd.I. saat dimintai keterangan di Wonosari, Rabu (31/5/2023).

“DIY menjadi yang terbaik dalam hal angka partisipasi PK Online dan Gunungkidul penyelenggaraan terbaik karena dipusatkan dalam satu tempat,” imbuh Faqih.

Dra. Hj. Siti Marfu’ah MA selaku Ketua Pokjawas PAI mengungkapkan PK online sudah dilaksanakan dan hasilnya sudah didapat oleh GPAI. “Tinggal bagaimana Pengawas Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan kompetensi guru yang nilainya masih rendah,” ujarnya.

Kegiatan tindak lanjut PK Online dilaksanakan di enam zona. Zona I terdiri dari Kapanewon Paliyan, Saptosari, Panggang dan Purwosari yang dilaksanakan pada Jum’at (19/5/2023) di Korwil Bidang Pendidikan Saptosari. Hadir Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kapanewon Saptosari Heny Kusharyati M.Pd.

Zona II terdiri dari Kapanewon Patuk, Gedangsari dan Nglipar, dilaksanakan pada Rabu (24/5/2023) di SDN Bunder I Patuk yang dihadiri Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kapanewon Patuk Samsu Edi M.Pd.

Zona III terdiri dari Kapanewon Karangmojo, Semin dan Ngawen, dilaksanakan pada Kamis (25/5/2023) di SMPN 1 Karangmojo, dihadiri oleh Kepala SMPN 1 Karangmojo Tumijo S.Pd. M.Hum.

Zona IV terdiri dari Kapanewon Semanu, Ponjong dan Rongkop dilaksanakan pada Senin (29/5/2023) di Korwil Bidik Kapanewon Semanu. Hadir Koordinator Bidang Pendidikan Kapanewon Semanu Jumiyarti S.Pd. M.M.

Zona V terdiri dari Kapanewon Girisubo, Tepus dan Tanjungsari, dilaksanakan pada Selasa (30/5/2023) di SMAN 1 Tanjungsari.

Zona VI terdiri dari Kapanewon Playen dan Wonosari dilaksanakan pada Rabu (31/5/2023) di Balai Kalurahan Kepek Wonosari. Dalam kesempatan ini, disampaikan apresiasi kepada guru berprestasi, diantaranya Dwi Yulianti S,Pd. M.Pd., GPAI SMA Muhammadiyah Al Mujahidin sebagai Lulusan Terbaik PPG Batch 3 dengan nilai IPK Sempurna 4.00 dan Hanasto S.Pd.I. M.Pd.I., GPAI SMP MUhammadiyah Al Mujahidin sebagai Peraih Nilai PK Online Tertinggi 78.00.

Kegiatan tersebut selain dihadiri Guru Pendidkan Agama Islam ditiap-tiap zona, juga dihadiri oleh seluruh pengawas Pendidikan Agama Islam dan Pelaksana Seksi PAIS Kemenag Gunungkidul.

Penulis : Seksi PAIS

Editor : Andi Eko

Facebook Kemenag Gunungkidul