Penuh Antusias, Siswa MIN 12 Gunungkidul Ikuti Pesantren Ramadan 1445 H di Hari Pertama

  Minggu, 07 April 2024 | 00:19:32 Dibaca 24
Penuh Antusias, Siswa MIN 12 Gunungkidul Ikuti Pesantren Ramadan 1445 H di Hari Pertama
Pesantren Ramadhan 1445 H MIN 12 Gunungkidul

Gunungkidul (MIN 12 Gunungkidul) -- Pesantren Ramadan merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya yang dilakukan MIN 12 Gunungkidul dalam mengisi bulan suci Ramadan. Pesantren Ramadan memberikan kontribusi positif dalam pembentukan karakter dan etika islami, pendidikan agama islam, pengembangan kualitas kehidupan beragama, dan salah satu cara efektif memperkuat keimanan serta ketakwaan siswa kepada Allah SWT.

Pesantren Ramadan dilaksanakan pada 3 - 5 April 2024 di MIN 12 Gunungkidul dengan diikuti oleh siswa. Pesantren Ramadan hari pertama pada Rabu (3/4/2024) dibuka secara langsung oleh Subardi, S.Pd.I., MSI., selaku kepala madrasah. Dalam sambutanya beliau mengungkapkan, “Hendaknya siswa-siswi MIN 12 Gunugkidul mengikuti kegiatan pesantren ramadan dengan sungguh-sungguh, dan dapat mengambil manfaatnya, sehingga siswa-siswi diharapkan mampu meningkatkan keimanan dan ketakwaannya menuju generasi yang berakhlakul karimah”

Hari pertama Pesantren Ramadan siswa-siswi MIN 12 Gunungkidul melaksanakan kegiatan Salat Duha di halaman madrasah. Setelah melaksanakan salat duha dilanjutkan dengan sorogan, dimana setiap siswa-siswi satu per satu mengaji membaca iqro’ atau Al- Quran menghadap kepada guru untuk disimak. Setelah sorogan kemudian istirahan dan dilanjutkan pendalaman materi Fikih dengan praktik wudu dan salat beserta bacaanya.

Pelaksanaan Pesantren Ramadan di hari pertama terlaksana dengan penuh antusias dan suka cita, terlihat bagaimana riuh riang gembira dan semangat siswa-siswi MIN 12 Gunungkidul mengikuti kegiatan pesantren Ramadan. (lcv/slm)

Penulis : MIN Jurangjero/MIN 12

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul