MIN 6 Gunungkidul Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional

  Kamis, 02 Mei 2024 | 13:08:05 Dibaca 302
MIN 6 Gunungkidul Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional
Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di halaman MIN 6 Gunungkidul pada Kamis ( 2/5/2024)

Tepus (MIN 6 Gunungkidul) – Hari Pendidikan  Nasional (Hardiknas) merupakan momen yang didedikasikan untuk menghargai pentingnya pendidikan dalam pembangunan bangsa serta mengenang perjuangan para pahlawan pendidikan Indonesia. Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, MIN 6 Gunungkidul menggelar upacara bendera dengan penuh khidmat di halaman Madrasah pada hari Kamis (2/5/2024). Upacara tersebut diikuti oleh bapak/ibu guru, karyawan, dan para siswa MIN 6 Gunungkidul.

Tema yang diusung dalam peringatan Hardiknas kali ini adalah “Bergerak bersama, Lanjutkan Medeka Belajar“. Adapun tujuan dari pelaksanaan Upacara peringatan Hardiknas di MIN 6 Gunungkidul adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan bagi kemajuan bangsa dan menciptakan semangat untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Suasana pun dipenuhi dengan keindahan dan keanggunan busana adat Jawa yang dipakai oleh seluruh peserta upacara, menghadirkan nuansa kearifan lokal yang begitu kental. Di tengah-tengah upacara, Ashari, S.Pd.I., bertindak sebagai inspektur upacara, memimpin dengan penuh semangat dan dedikasi.

Dalam amanatnya, Ashari membacakan pidato dari Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim, yang membangkitkan semangat dan inspirasi bagi semua peseta upacara. Usai membacakan amanat dari Menteri Pendidikan, Ashari menyampaikan pesan kepada para peserta upacara. “Marilah kita besama-sama merenungkan makna sejati dari pendidikan. Pendidikan bukan sekedar tentang mencetak prestasi akademis, tetapi juga membentuk karakter, kecerdasan emosional dan semangat yang kritis yang membangun. Marilah kita menghargai peran penting para pendidik dalam membimbing generasi masa depan,” pungkasnya.

Para peserta upacara dengan penuh khidmat melaksanakan setiap tahapan upacara, dari penghormatan awal hingga akhir dengan penuh hikmad dan kesungguhan. Semua itu tidak hanya sekadar rutinitas, tetapi menjadi momen yang berarti untuk merefleksikan peran dan tanggung jawab masing-masing individu dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Setelah upacara selesai, semangat kebersamaan dan semangat belajar terus menggelora di MIN 6 Gunungkidul. Upacara Hardiknas tidak hanya menjadi peringatan yang bersejarah, tetapi juga menjadi momentum untuk terus mengokohkan komitmen dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Melalui Upacara tesebut diharapkan masyarakat dapat lebih mengapresiasi peran guru, memperkuat semangat belajar, dan mendorong reformasi pendidikan yang lebih baik. (End)

Penulis : Min Tepus/MIN 6

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul