Lagi, Guru MTsN 3 Gunungkidul Terbitkan Buku

  Kamis, 01 Juni 2023 | 21:26:31 Dibaca 271
Lagi, Guru MTsN 3 Gunungkidul Terbitkan Buku

Semanu (MTsN 3 Gunungkidul) – Seluruh warga MTs Negeri 3 Gunungkidul mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan di lapangan upacara MTs Negeri 3 Gunungkidul, Kamis (1/6/2023). Upacara berlangsung dengan khidmat dan tertib.

Seusai upacara, Kepala MTs Negeri 3 Gunungkidul memberikan penghargaan dan apresisasi kepada Fajar Hariyono, S.Si., yang baru saja menerbitkan sebuah buku. Fajar Hariyono merupakan guru matematika. Buku yang ditulis pun tak jauh dari ilmu matematika.

Fajar Hariyono menyerahkan buku dengan judul “Logika dan Konsep Dasar” tersebut kepada Kepala Madrasah, yang selanjutnya diberikan kepada kepala Mahandika Pustaka, perpustakaan MTs Negeri 3 Gunungkidul Khori Suhadaningsih, S.Pd. Buku tersebut akan disimpan di perpustakaan sebagai koleksi dan referensi bagi pemustaka.

Drs. Dwinabut dalam sambutan singkat mengatakan bahwa ide dan pendapat yang diwujudkan dalam bentuk buku akan lebih bermakna dan langgeng. “Saya merasa senang, satu guru lagi berhasil mempersembahkan karya berupa buku. Selamat untuk Pak Fajar. Sebelum Pak Fajar, Bu Khori juga sudah menerbitkan beberapa buku. Semoga ilmu menulis dapat ditularkan kepada teman dan peserta didik, sehingga mereka juga bisa menerbitkan buku yang bisa bermanfaat luas,” tuturnya.

Fajar Hariyono mengatakan bahwa dalam buku tersebut berisi bagaimana memecahkan permasalahan matematika sederhana melalui pendekatan logika dan konsep dasar suatu materi. “Buku  ini adalah buku perdana saya, sebuah karya sederhana. Dalam buku ini tidaklah menitikberatkan pada pemecahan masalah atau soal matematika sederhana secara singkat dan cepat, ataupun dengan rumus. Para siswa bisa memecahkan soal dengan cara lain, yaitu dengan logika dan konsep dasarnya. Semoga buku ini bisa memberikan manfaat dan barokah buat semua, khususnya kepada para siswa. Mereka tidak lagi menganggap matematika hanya sebatas kumpulan rumus yang menakutkan, tetapi lebih dari itu, matematika menjadi pelajaran yang menyenangkan," ungkapnya dengan haru.

“Pak Fajar ini luar biasa. Tidak hanya mampu berbicara di depan siswa tetapi mampu berkarya nyata dalam bentuk buku untuk memecahkan soal matematika. Semoga menginspirasi teman-teman guru yang lain serta para siswa,” ungkap Khori tersenyum bangga. (ksn)

Penulis : MTsN Semanu/MTsN 3

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul