Matsada Botol Muluk MTsN 2 Gunungkidul Berjaya di Lomba Roket Air SMK Penerbangan AAG Adisutjipto 2023

  Selasa, 17 Januari 2023 | 10:59:39 Dibaca 406
Matsada Botol Muluk MTsN 2 Gunungkidul Berjaya di Lomba Roket Air SMK Penerbangan AAG Adisutjipto 2023

Ponjong (MTs Negeri 2 Gunungkidul) -- Pada hari Sabtu (14/1/2023) perwakilan tim dari MTs Negeri 2 Gunungkidul "Matsada Botol Muluk" berlaga dalam lomba roket air yang diselenggarakan oleh SMK Penerbangan AAG Adi Sutjipto Yogyakarta. Lomba ini diikuti oleh 169  tim berasal dari siswa SMP/MTs sederajat di wilayah DIY dan Luar DIY. 

Dalam event lomba ini mempunyai regulasi  peserta lomba membuat roket sendiri dari botol minuman berkarbonasi minimal satu roket dan selanjutnya roket yang telah dibuat akan diluncurkan menggunakan launcher. Aturan lomba setiap peserta diberikan kesempatan meluncurkan 2 kali kesempatan dalam 2 putaran dengan jarak target sasaran sejauh 60 meter dari titik luncur. Hasil pemenang ditentukan oleh jarak terdekat dari sasaran peluncuran. 

Tim MTs Negeri 2 Gunungkidul "Matsada Botol Muluk" menerjunkan 13 kandidat. Peluncuran putaran pertama "Tim Matsada Botol Muluk" mampu meluncurkan roket air dengan torehan hasil 6 peluncuran masuk zona target sasaran. Enam peserta tersebut yaitu Riva (8,20 m), Khusnaini (6,56 m), Azzahra Yumna (3,92 m), Alyafina (4,96 m), Afdhil (0,93 m), Nanda (7,10 m), sementara Adinda, Arga, Novian, Sandy, Anna, Rizki, Arsti belum mampu masuk zona target sasaran. 

Kesempatan peluncuran putaran kedua, Tim Matsada Botol Muluk mampu menempatkan 3 peluncuran masuk zona target. Tiga peluncuran tersebut oleh  Alyafina (3,70 m), Sandy (6,86 m), Afdhil (5,35 m). Satu dari 338 peluncuran mencatatkan nama Afdhil di runner up dengan torehan jarak terdekat berjarak  0,93 meter dari target sasaran. Hasil terbaik kedua setelah posisi pertama yang ditempati sekolah lain (0,25 meter). Hingga  peluncuran terakhir, Matsada Botol Muluk atas nama Afdhil Miftah Alfandy menyabet juara 2 dari 169 peserta dengan peluncuran terbaiknya 0,93 meter dari target sasaran.  

Kepala MTsN 2 Gunungkidul menyampaikan bahwa madrasah mendukung sepenuhnya kegiatan pengembangan diri kelompok kreatif ini, karena kegiatan ini jarang diikuti siswa madrasah, jadi Matsada terus akan membina dan mengikuti kejuaraan serupa baik regional, nasional bahkan internasional. "Alhamdulillah, Ini tahun ke-2 siswa MTsN 2 GK mampu berprestasi di tingkat regional DIY - Jateng setelah tahun lalu sukses diajang serupa bahkan maju ke tingkat nasional. Berkat latihan keras dan pengalaman tahun lalu semoga tahun ini bisa juara nasional. Sukses untuk pembimbing dan tim roketers Matsada," demikian tanggapan Supardi selaku Kepala Madrasah ketika ditemui Tim Publikasi Matsada.

Selamat untuk "Matsada Botol Muluk". Semoga tradisi juara selalu bertahan. #matsadasportif #matsadadiatasratarata. (Timpublikmatsada)

Penulis : MTsN Sumbergiri/MTsN 2

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul