Lantik Kabag Tata Usaha dan Kabid Pendidikan Madrasah, Kakanwil: Ibarat Gerbong KA Jika Terlambat Ditinggal

  Kamis, 13 Januari 2022 | 11:06:23 Dibaca 777
Lantik Kabag Tata Usaha dan Kabid Pendidikan Madrasah, Kakanwil: Ibarat Gerbong KA Jika Terlambat Ditinggal

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY)—Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY Dr. H. Masmin Afif, M.Ag melantik Kepala Bagian Tata Usaha dan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY. Prosesi Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan digelar di Aula Lantai lll kantor setempat, Kamis (13/1/2022).

Menurut Kakanwil, tugas baru yang diemban harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. “Pelantikan ini adalah kebutuhan organisasi untuk memberikan layanan sebaik-baiknya kepada masyarakat,” tandas Kakanwil. Kakanwil mengibaratkan birokrasi layaknya gerbong kereta api (KA). “Jika gerak lambat ya ditinggal. Gerbong KA juga menerjang apapun yang menghadang di depan. Tidak berhenti jika belum sampai stasiun tujuan,” urai Kakanwil.

Kepada Kabag TU yang baru, Kakanwil mengingatkan ada tugas-tugas besar. “Sebagai pendamping Kakanwil, Kabag TU terutama bertanggung jawab layanan administrasi, menata terkait layanan pada 5 Subbagian,” jelas Kakanwil.

Terkait Pengelolaan Anggaran, Kakanwil berharap tahun 2022 penyerapan anggaran dapat lebih baik. “Kita akan kerjasama dengan UIN Sunan Kalijaga. Agar ada sinergitas Kanwil Kemenag DIY dengan UIN Sunan Kalijaga khususnya penyerapan anggaran,” tuturnya lagi.

Sementara kepada Kabid Dikmad, Kakanwil meminta mengawal anggaran di madrasah, termasuk pembangunan gedung madrasah berbasis Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). “Juga untuk mengawal anggaran BOS, PIP, dan BOP serta Madrasah Reform dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” sambung Kakanwil.

Adapun pejabat yang dilantik, Kabid Pendidikan Madrasah H. Muntolib, S.Ag, M.Si, kini menempati jabatan sebagai Kabag TU menggantikan H. Arief Gunadi, S.Ag, M.Pd.I yang pada Rabu (12/1/2022) kemarin dilantik menjadi Kabag TU Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga. Sementara H. Abd. Suud, S.Ag, M.S.I promosi menjadi Kabid Pendidikan Madrasah setelah sebelumnya menjabat Kasubbag Umum dan Humas Kanwil Kemenag DIY.

Saksi pelantikan Kabid Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Drs. H. Buchori Muslim, M.Pd.I dan Kabid Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat Wakaf Drs. H. Sigit Warsita, MA. Turut hadir dalam kesempatan ini jajaran Kepala Bidang dan Pembimas Kanwil Kemenag DIY serta Kakankemenag Kabupaten/Kota se-DIY. (bap)

 

Sumber: https://diy.kemenag.go.id/19988-lantik-kabag-tata-usaha-dan-kabid-pendidikan-madrasah-kakanwil-ibarat-gerbong-ka-jika-terlambat-ditinggal.html

Penulis : Andi Eko

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul