Kepala KUA Semin Ikuti Pengajian Lintas Instansi Kapanewon Semin di PP Al Jauhar

  Kamis, 15 September 2022 | 10:34:47 Dibaca 336
Kepala KUA Semin Ikuti Pengajian Lintas Instansi Kapanewon Semin di PP Al Jauhar

Semin (KUA Semin) - Madrasah Aliyah Al Jauhar Tlepok, Semin mendapat kesempatan menjadi penyelenggara tunggal Pengajian Lintas Instansi putaran ke-39, Rabu (14/9/2022). Peserta berasal dari instansi dan kalurahan se-Kapanewon Semin, BPD, BMT,  Forkompimca, dan BRI. Kepala KUA Semin M. Saefulloh S.Ag, M.S.I turut hadir bersama penyuluh agama Islam di Semin. 

Kepala MA Al Jauhar, Purwoto S.Pd.I, M.Pd mengucapkan terima kasih karena Pondok Pesantren Al Jauhar mendapat kesempatan menjadi tempat penyelenggaraan pengajian lintas instansi. Sedangkan Panewu Semin, Hariyanto SE, dalam sambutannya berharap pengajian lintas instansi ini tetap rutin diadakan untuk merekatkan persaudaraan.

Bertindak selaku penceramah, KH Muh. Thohari  yang menyampaikan bahwa semua manusia pasti membutuhkan orang lain. "Maka kita perlu bertingkah laku baik terhadap sesama manusia. Orang hidup didunia harus berlandaskan keilmuan. Dengan ilmu, kita dapat membedakan mana yang haq dan mana yang bathil. Manusia jangan berhenti belajar pada taraf syari'at (alat) saja, namun mari ditingkatkan menjadi diranah hakikat (esensi)," paparnya.

KH. Muh. Thohari mencontohkan hadis yang memerintahkan untuk selalu menebar ucapan salam. Secara syariat adalah agar setiap orang mau mengucapkan assalamu'alaikum kepada setiap yang ditemuinya. Namun, secara hakikat, mengucap salam adalah selalu menebarkan keselamatan, kenyamanan, dan kedamaian pada siapapun yang ditemui. "Sebagai muslim, wajib menjadi duta-duta penebar keselamatan dan kedamaian," katanya. (msa)

Penulis : KUA Semin

Editor : Andi Eko

Facebook Kemenag Gunungkidul