Matsada Botol Muluk Melesat Tingkat Nasional Kontes Roket Air 2024

  Senin, 23 September 2024 | 11:56:00 Dibaca 2571
Matsada Botol Muluk Melesat Tingkat Nasional Kontes Roket Air 2024

Ponjong (MTsN 2 Gunungkidul) – Matsada Botol Muluk, sebutan Tim Roket Air MTs Negeri (MTsN) 2 Gunungkidul, kembali menorehkan prestasi dalam ajang Kontes Roket Air Taman Pintar tahun 2024 pada Sabtu (21/9/2024).

Dalam ajang yang dilaksanakan di Taman Budaya Embung Giwangan ini, luncuran Roket Air salah satu tim, Romi Ferdinansyah, berhasil meluncur dengan stabilitas yang baik dan jatuh pada jarak 1,06 meter dari pusat sasaran. Sementara itu sasaran tembak utama berupa lingkaran terletak pada pusat sasaran yang berjarak 60 meter dari titik peluncuran. Berkat luncuranya ini, Romi meraih predikat Terbaik VIII dan akan mengikuti Kontes Roket Air Tingkat Nasional mewakili regional Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Sutrianto S.Pd.Si selaku Pembimbing Tim Roket Air MTsN 2 Gunungkidul menginformasikan bahwa kontes ini diikuti oleh 332 peserta dari DIY-Jawa Tengah serta ada tambahan peserta dari Jawa Barat dan Jawa Timur.

“Kami mengirim 12 peserta dalam kontes roket tahun ini. Peserta membuat roket di lokasi kontes dengan spesifikasi tertentu berasal dari botol berkarbonasi volume 1 liter dan membuat semirip mungkin dengan roket. Kontes ini mengaplikasikan kemampuan roket air yang aerodinamika untuk menembak sasaran tembak menuju sasaran dengan menggunakan bantuan launcher,” tambah Sutrianto.

Lebih lanjut Sutrianto menyampaikan dalam pembuatan roket peserta dikarantina dalam waktu 90 menit dan pembimbing tidak boleh masuk ruangan. “Selanjutnya peserta meluncurkan roket airnya dimana tiap peserta diberi kesempatan 2 kali peluncuran dan dihitung jarak jatuhnya roket air dari pusat sasaran. Sebenarnya dari 12 peserta yang kami kirim, ada 9 peserta sukses mencatatkan masuk target sasaran 60 meter namun kalah bersaing torehan angka mendekati target, bahkan ada satu peserta berhasil masuk target di kedua kesempatan luncurannya. Hasil akhirnya baru satu peserta yang masuk dalam 10 besar terbaik dan siap melaju ke tingkat Nasional,” imbuh Sutianto.

“Hasil yang patut disyukuri atas usaha perjuangan siswa dalam kontes Roket Air ini. Persiapan hanya 3 minggu dan berhasil membawa piala peringkat Terbaik VIII. Harapanya setelah regional nantinya ke tingkat nasional dapat meraih juara kembali,” pungkas Sutrianto. (tim)

Penulis : MTsN Sumbergiri/MTsN 2

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul