Kepala Kemenag Gunungkidul: Salah Satu Pembentuk Karakter yang Paling Utama Adalah Keyakinan Terhadap Agamanya

  Senin, 29 April 2024 | 16:08:34 Dibaca 88
Kepala Kemenag Gunungkidul: Salah Satu Pembentuk Karakter yang Paling Utama Adalah Keyakinan Terhadap Agamanya

Wonosari (Kemenag Gunungkidul) – Karakter adalah hal yang penting. Salah satu pembentuk karakter yang paling utama adalah keyakinan terhadap agamanya. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul, Drs. H. Sa’ban Nuroni MA., saat menghadiri Syawalan dan Halalbihalal Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) SMK Gunungkidul di Griya Hinggil Resto, Senin (29/4/2024).

Menurut Sa'ban, Guru Pendidilkan Agama Islam memiliki amal jariyah yang pahalanya akan terus mengalir, yaitu dengan memberikan ilmu dan bimbingan terkait agama kepada peserta didik, yang kemudian ilmu tersebut dijadikan sebagai pengamalan rutin dan konsisten yang dapat membentuk karakter peserta didik. “Jika karakternya kuat, insyaAllah apapun keadaan perubahan dunia akan bisa dilalui dengan selamat,” tandas Sa’ban.

Sebelumnya, Pengawas Pendidikan Agama Islam, Sumitro S.Ag. MA., meneruskan pesan dari Kepala Bidang PAKIS Kanwil Kemenag DIY yang berharap agar para guru senantiasa terus meningkatkan kompetensinya. “Pengawas juga diberi dawuh supaya mendata Bapak/Ibu Guru PAI di seluruh jenjang terkait dengan upaya peningkatan kompetensi itu,” jelasnya.

“Sekarang ini berbagai macam diklat yang sifatnya online dari berbagai platform sudah tersedia begitu banyak. Untuk itu dimohon untuk selalu update dan mengikutinya, termasuk seminar dan webinar,” imbuh Sumitro.

Turut hadir memberikan mauidhoh hasanah, Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kemenag Gunungkidul, H. Faqih Shomadi S.Ag. M.Pd.I. (sna)

Penulis : Siti Nurafrianti

Editor : Andi Eko

Facebook Kemenag Gunungkidul