Kasi Bimas Islam: Jemaah Haji Praktikkan Moderasi Beragama

  Senin, 29 April 2024 | 10:23:49 Dibaca 71
Kasi Bimas Islam: Jemaah Haji Praktikkan Moderasi Beragama

Wonosari (Kemenag Gunungkidul) – Awali hari pertama bekerja, ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul mengikuti apel pagi yang diselenggarakan di halaman kantor setempat, Senin (29/4/2024). 

Bertindak selaku pembina apel, Kepala Seksi Bimas Islam H. Zuhdan Aris S.Ag MA dengan petugas dari Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Dalam amanatnya, Zuhdan selaku narasumber manasik haji, menyampaikan bahwa Kemenag Gunungkidul telah mengadakan Praktik Bimbingan Manasik Haji yang dilaksanakan pada Ahad (28/4/2024) kemarin. 

“Kemarin kami telah mempraktikkan bersama cara mengorganisir jemaah haji, cara melaksanakan haji dengan sebaik-baiknya karena jemaah haji itu berlatar belakang yang berbeda-beda, baik dari segi pendidikan, pengalaman, atau dari segi lainnya. Dari berbagai perbedaan itu tentu harus bisa diorganisir dengan baik, sehingga pelaksanaan haji dapat berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Zuhdan, jemaah haji juga mempraktikkan moderasi beragama. “Teorinya sudah kami sampaikan, bagaimana kita menghargai perbedaan, bagaimana kita memahami bahwa setiap orang selain mempunyai kekurangan juga mempunyai kelebihan masing-masing, sehingga insyaAllah jemaah haji sudah siap menerima perbedaan itu,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Zuhdan memohon doa restu untuk Kafilah MTQ Gunungkidul sejumlah 27 orang yang akan bertanding pada MTQ Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta pada Sabtu (4/5/2024) di Kulon Progo.

Penulis : Andi Eko

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul