Jemaah Haji 1445 H Ikuti Praktik Manasik Haji

  Minggu, 28 April 2024 | 10:22:30 Dibaca 103
Jemaah Haji 1445 H Ikuti Praktik Manasik Haji

Wonosari (Kemenag Gunungkidul) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul mengadakan Praktik Bimbingan Manasik Haji Reguler Kabupaten Gunungkidul Tahun 1445 H/ 2024 M, Ahad (28/4/2024).

Kegiatan ini diselenggarakan di beberapa tempat, yaitu halaman Kodim, Lapangan Ksatrian, Alun-alun Wonosari dan Halaman Pemda Gunungkidul. Hadir petugas haji dari Kabupaten Gunungkidul, perwakilan KUA, pelaksana Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Gunungkidul dan beberapa pihak lainnya.

Simulasi  dalam praktik manasik diupayakan mendekati situasi dan urut-urutan tempat dalam pelaksanaan haji gelombang 2, yaitu halaman  Masjid Kodim sebagai Bandara Jeddah, Lapangan Ksatrian sebagai Masjidil Haram/Ka'bah,  Lapangan Pemda sebagai  Arafah, Muzdalifah dan Mina/Jamarat. Dalam praktik ini menyimulasikan haji tamattu'.

Kepala Kemenag Gunungkidul Drs. H. Sa’ban Nuroni MA selaku narasumber manasik haji berharap melalui praktik ini dapat menguatkan kemandirian jemaah haji didalam melaksanakan seluruh rangkaian proses haji di tanah suci. “Harapannya menjadi haji yang mantap, haji yang mandiri, haji yang mabrur. Terima kasih semua pihak atas bantuannya,” kata Sa’ban.

Senada dengan Kepala Kantor, Kepala Seksi PHU Taufik Ahmad Soleh S.Ag MA selaku Ketua Kloter 52 menerangkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan ibadah haji sehingga nanti jemaah haji dalam rangka pelaksanaan hajinya akan mampu melaksanakan rukun, wajib dan sunah haji secara optimal.

Penulis : Andi Eko

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul