Tumbuhkan Kecintaan pada Batik, MTsN 8 Gunungkidul Gelar Lomba Lukis Design Batik SD/MI se Kapanewon Karangmojo

  Minggu, 14 Mei 2023 | 11:19:28 Dibaca 254
Tumbuhkan Kecintaan pada Batik, MTsN  8 Gunungkidul Gelar Lomba Lukis Design Batik SD/MI se Kapanewon Karangmojo
Kepala Madrasah berikan penghargaan kepada pemenang Lomba lukis design batik

Gunungkidul (MTsN 8 Gunungkidul) – Batik merupakan warisan leluhur yang sudah sepantasnya kita lestarikan. Salah satu upaya untuk melestarikannya adalah dengan menumbuhkan kecintaan batik terhadap generasi muda. Bertempat di ruang kelas, pada hari Sabtu (13/5/2023) MTs Negeri 8 Gunungkidul menggelar lomba lukis batik yang diikuti sebanyak  30 peserta dari SD/MI se kapanewon Karangmojo.

Dengan antusias, para orang tua siswa SD dan MI se kapanewon Karangmojo mengantarkan putra putri mereka ke MTsN 8 Gunungkidul untuk ikut andil dalam lomba lukis batik. Salah satu orang tua peserta lomba mengatakan, “Anak saya senang sekali menggambar pola batik, begitu mendapat info ada lomba batik dan saya tawarkan kepada anak saya, dia langsung berminat, apalagi lomba batik ini jarang ada. Dengan adanya moment ini berharap anak saya dapat menyalurkan hobinya dan memenangkan lomba," ucapnya.

Sebagai pemenang lomba atas nama Lori rahwiku Mahnani dari SDN Pangkah, diikuti juara 2 diraih Shoqiqul Khoiriyah Maulinda dari SDN Karanganom 1, juara 3  Arini Marhadi Kandita Fitriyani dari SDN candi Baru 2 dan sebagai harapan satu dan dua diperoleh oleh  Anandita Cepie Pradana dan Muhammad raffi Asyidiq, masing masing dari SDN Ngawis dan SDN Jetis. Selain Piala disampaikan juga hadiah berupa uang pembinaan yang diberikan langsung oleh Kepala MTsN Gunungkidul, Hamid Abdul Basit,S.Ag.,M.S.I.

Disela pemberian penghargaan, Kepala Madrasah berharap dengan adanya moment ini, akan menumbuhkan rasa kecintaan terhadap batik sebagai salah satu warisan leluhur. "Dan sebagai salah satu Madrasah unggulan keterampilan membatik, MTsN 8 Gunungkidul siap untuk membimbing genersi muda Gunungkidul untuk terus melestarikan batik dan akan terus berkembang sehingga semakin diminati oleh semua orang, baik domestic maupun manca Negara," pungkas Hamid abdul Basit,S.Ag.,M.S.I. (Nnk)

Penulis : MTsN Karangmojo/MTsN 8

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul