Spirit Ramadan: Media Dakwah Virtual MTsN 5 Gunungkidul Selama Bulan Ramadan

  Kamis, 21 Mei 2020 | 11:24:14 Dibaca 232
Spirit Ramadan: Media Dakwah Virtual MTsN 5 Gunungkidul Selama Bulan Ramadan

Ngawen (MTsN 5 Gunungkidul) -- Menjalani ibadah Ramadan di tengah pandemi Covid-19 tentu menjadi tantangan baru. Berbagai kegiatan keagamaan di bulan Ramadan terpaksa harus diganti dengan kegiatan beribadah dari rumah. MTsN5 Gunungkidul (Matsalim GK) sebagai lembaga pendidikan Islam mempunyai kewajiban untuk selalu mendampingi peserta didiknya dalam kegiatan belajar dan beribadah dari rumah. Matsalim GK berkreasi dengan membuat sebuah media dakwah virtual, berupa poster elektronik (e-poster) berlabel "Spirit Ramadan".


Spirit Ramadan dilaunching oleh kepala Matsalim GK pada awal Ramadan 1441 H, tepatnya Jum'at (24/4/2020) lalu. Bertujuan untuk membagikan berbagai pengetahuan dan wawasan keislaman yang bersumber dari Al-Qur'an dan hadits, guna mendampingi kegiatan ibadah dari rumah, baik untuk peserta didik maupun warga madrasah pada umumnya. Hadir setiap hari selama bulan Ramadan atau sebanyak 30 edisi dengan 30 tema yang berbeda. Tim kreatif Matsalim GK mendesain dengan desain sederhana tetapi tetap menarik dan menginspirasi. 


Kepala Matsalim GK, Dedy Mustadjab, sebagai inisiator sekaligus kontributor, mengatakan bahwa "Spirit Ramadan" merupakan inovasi baru di Matsalim GK dalam bidang dakwah. Selain untuk warga madrasah, Spirit Ramadan juga sebagai media dakwah kepada masyarakat luas. "Di tengah pandemi Covid-19, kita sentuh umat dengan dakwah di medsos. Lebih efektif dan bermanfaat," imbuhnya. 


Konten Spirit Ramadan sendiri meliputi keutamaan Ramadan, fiqih puasa, akhlakul karimah, dan sejumlah pengetahuan lainnya terkait Ramadan. Setiap hari, e-poster diunggah ke akun ke berbagai media sosial milik Matsalim GK, seperti instagram, facebook, twitter dan website. Untuk memperluas sasaran dakwah, setiap warga madrasah dihimbau untuk membagikan e-poster tersebut melalui beranda dan story di akun media sosial masing-masing. Melalui penyebaran masif, diharapkan juga dapat menjadi alat promosi untuk meningkatkan eksistensi Matsalim GK di masyarakat. (isy/nes)

Penulis : MTsN Ngawen/MTsN 5

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul