Siswa MTsN 8 Ikuti Simulasi AKM Online

  Minggu, 10 Januari 2021 | 14:25:50 Dibaca 166
Siswa MTsN 8 Ikuti Simulasi AKM Online

Karangmojo (MTsN 8 Gunungkidul) -- Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang rencananya akan mulai diperkenalkan kepada siswa sebagai pengganti Ujian Nasional sudah mulai terlihat. Siswa MTsN 8 Gunungkidul jenjang kelas VIII dengan jumlah 143 siswa telah mengikuti simulasi AKM pada Jumat (8/1/2021). Pelaksanaan yang secara online memberi keleluasaan siswa untuk mengerjakan dari rumah masing-masing. Sementara, madrasah mengawal jalannya simulasi melalui proktor pada setiap lab. komputer yang tersedia.

Pelaksanaan AKM yang terjadi di MTsN 8 Gunungkidul terpantau sejumlah 111 siswa yang berhasil hingga selesai. Selebihnya tidak dapat mengikuti dikarenakan beberapa hal. Antara lain ketersediaan perangkat yang dimiliki siswa kurang memadai. Selain itu, juga koneksi jaringan pada beberapa wilayah  tempat tinggal siswa yang cukup sulit. Hal tersebut yang membuat 32 siswa belum dapat mengikuti simulasi. “Semula kami telah persiapkan tiga sesi untuk pelaksanaan simulasi AKM di madrasah. Namun, karena terjadi perubahan dari pusat, tidak dapat berbuat banyak. Alhamdulillah 111 siswa masih dapat mengikuti.” kata Sari Suartini, proktor MTsN 8 Gunungkidul ketika dihubungi melalui wapri.

Simulasi AKM Online ini menjadi latihan bagi siswa MTsN 8 Gunungkidul untuk menghadapi AKM yang sesungguhnya. Dengan simulasi ini diharapkan siswa dapat mengetahui tata cara mengakes dan login, juga untuk mengetahui bentuk soal baik materi literasi maupun numerasi. Sehingga pada AKM nanti sudah dapat mempersiapkan diri dengan mantap. (mmn)

Penulis : MTsN Karangmojo/MTsN 8

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul