Siswa MTsN 8 Gunungkidul Berhasil Presentasikan Teknik Unik Batik Lurik di Ajang Krenovamaskat

  Kamis, 25 Juli 2024 | 21:27:07 Dibaca 117
Siswa MTsN 8 Gunungkidul Berhasil Presentasikan Teknik Unik Batik Lurik di Ajang Krenovamaskat
Tim Krenova MTsN 8 Gunungkidul foto bersama dewan juri usai presentasi

Karangmojo (MTsN 8 Gunungkidul) - Tim Krenova MTsN 8 Gunungkidul yang terdiri dari guru dan siswa kelas Riset berhasil mempresentasikan hasil penelitian dan uji coba penemuan teknik baru dalam pembuatan motif batik. Presentasi tersebut dilakukan di hadapan dewan juri lomba Krenovamaskat Pelita Indah pada Kamis (25/7/2024). Ajang lomba ini tiap tahun diselenggarakan oleh Bappeda Gunungkidul untuk membidik putra bangsa agar menjadi generasi kreatif dan inovatif.

Pada kesempatan tersebut 2 siswa MTsN 8 Gunungkidul, Deztha Ayumitra Kanahaya dan Azzilia Amanda Putri mampu menyampaikan hasil penelitian dan uji coba tentang Teknik Menyipat untuk motif batik. Sebagai madrasah dengan unggulan riset dan keterampilan membatik, MTsN 8 Gunungkidul selalu mencoba untuk lebih kreatif dan selalu berinovasi. "Ide kreatif ini muncul ketika kami melihat teknik menyipat yang dilakukan oleh tukang kayu ketika membuat garis lurus. Kemudian kami mengaplikasikannya dalam teknik membatik dengan harapan menghasilkan motif batik yang unik untuk batik tradisional," jelas Sari Suartini, selaku pembimbing penelitian. Dengan gigih Sari membimbing siswa hingga mereka mampu menciptakan motif batik lurik melalui teknik menyipat.

Selama ini teknik membatik di MTsN 8 Gunungkidul masih mengikuti teknik batik pada umumnya. Oleh karena itu, upaya menemukan variasi baru teknik batik ini sangat diperlukan untuk menambah keanekaragaman batik sebagai salah satu kekayaan budaya.(mmn)

Penulis : MTsN Karangmojo/MTsN 8

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul