Siap Ikuti Adiwiyata Perdana, MIN 9 Gunungkidul Ikut Pendampingan DLH

  Rabu, 20 Januari 2021 | 06:44:13 Dibaca 111
Siap Ikuti Adiwiyata Perdana, MIN 9 Gunungkidul Ikut Pendampingan DLH

Karangmojo (MIN 9 Gunungkidul) – Adiwiyata atau gerakan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap serta kepedulian tentang lingkungan hidup di madrasah perlu diupayakan. Untuk itu guna menambah pengetahuan tentang program tersebut MIN 9 Gunungkidul sebagai salah satu madrasah yang akan maju Adiwiyata kabupaten mengikuti sosialisasi dan pendampingan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gunungkidul, Selasa (19/1/2021).

Menurut Kepala MIN 9 Gunungkidul, Maryanti, mengatakan MIN 9 Gunungkidul perlu mendapatkan pembekalan dan pendampingan dari dinas terkait untuk menghadapi kegiatan Adiwiyata yang baru akan maju di tahun ini, “Kami berterimakasih atas adanya pendampingan ini, karena kami masih awam dengan adiwiyata dan perlu bimbingan dari bapak Ibu semua, semoga kedepannya kami dapat melaksanakan program ini dengan baik,” ujarnya.

Program adiwiyata diharapkan mampu membentuk karakter warga sekolah atau madrasah untuk cinta lingkungan hidup. “Tujuan program ini adalah mewujudkan perilaku warga sekolah atau madrasah yang menerapkan perilaku ramah lingkungan,” tegas Bujang, tim dari DLH. “perilaku ramah lingkungan itu yang seperti apa? Ya adanya jadwal piket misalnya, menjaga kebersihan sanitasi, menanam atau menjaga tanaman yang ada di madrasah, menghemat air dan listrik dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Kegiatan pendampingan dihadiri 3 perwakilan dari DLH yaitu Bujang Arif, Siska dan Candra. Sedangkan peserta dari MIN 9 Gunungkidul berjumlah 15 orang terdiri dari guru maupun karyawan. Kegiatan berlangsung dari pukul 13.00 WIB karena kebetulan mendapat jadwal pendampingan di jam kedua. Kegiatan diawali dengan sambutan dari kepala madrasah, pemaparan dari DLH, tanya jawab seputar adiwiyata dan penutup. (iyp)

Tetap sehat dan semangat #Lawan Covid19

Penulis : MIN Karangmojo/MIN 9

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul