Seksi PHU Adakan Tasyakuran Sukses Haji 2024 dan Sapa Jemaah Persiapan 2025

  Kamis, 01 Agustus 2024 | 15:20:15 Dibaca 217
Seksi PHU Adakan Tasyakuran Sukses Haji 2024 dan Sapa Jemaah Persiapan 2025

Wonosari (Kemenag Gunungkidul) – Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul mengadakan kegiatan Tasyakuran Sukses Penyelenggaraan Haji Tahun 2024 dan Sapa Jemaah Haji Persiapan Keberangkatan Tahun 2025 di Masjid  Safinatunnajah Pancasila, Kepek, Wonosari, pada Kamis (1/8/2024).

Kepala Kemenag Gunungkidul Drs. H. Sa’ban Nuroni MA menyampaikan ucapan terima kasih terhadap jemaah haji tahun 2024 yang telah bekerja sama sehingga pelaksanaan haji tahun 2024 berjalan lancar.

“Saya atas nama keluarga besar Kemenag Gunungkidul mengucapkan terima kasih kepada jemaah haji 2024 yang luar biasa semangatnya. Semoga semua kontribusi panjenengan, Allah berikan ganti dan juga dijadikan haji yang mabrur,” harap Sa’ban.

Sebelumnya, Kasi PHU Kemenag Gunungkidul H. Taufik Ahmad Soleh S.Ag MA menyampaikan bahwa ibadah haji membutuhkan kesiapan lahir dan batin, seperti persiapan pengetahuan ibadah, persiapan dokumen serta kesehatan.

"Selain itu, jemaah haji juga perlu mengetahui gambaran pelaksanaan haji dari sisi kebijakan pemerintah dan gambaran situasi lapangan dari keberangkatan, sampai di tanah suci, sampai kembali lagi ke tanah air. Hal ini menjadi penting agar jemaah haji dapat menjadi lebih siap," tuturnya.

Selanjutnya, dari Bagian Kesra Kabupaten Gunungkidul H. Sidiq Purnomo S.Sos mengatakan bahwa penyelenggaraan ibadah haji dari Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul akan terus ditingkatkan, untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada jemaah haji.

Dari unsur Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul yang diwakili oleh Kasi Survelan Sugondo S. ST, Ners. MM menjelaskan kebijakan pemerintah mulai tahun 2024 bahwa jemaah haji sebelum melakukan pelunasan harus lolos tes kesehatan isthitaah terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa jemaah haji yang akan berangkat haji benar-benar dalam kondisi sehat.

Untuk jemaah haji yang akan berangkat di tahun 2025, Sugondo berpesan agar tetap menjaga kesehatan dengan cara berolahraga rutin dan menjaga pola hidup sehat.

Turut hadir Branch Manager BSI KCP Wonosari Mohammad Budiono, IPHI , PDHI dan Pimpinan KBIHU. Adapun peserta kegiatan ini adalah perwakilan jemaah haji Kabupaten Gunungkidul keberangkatan Tahun 2024 dan Jemaah Haji Estimasi Keberangkatan Tahun 2025 dengan jumlah 320 jemaah. (sna)

Penulis : Siti Nurafrianti

Editor : Andi Eko

Facebook Kemenag Gunungkidul