Parenting MIN 12 Gunungkidul dengan Tema Kiat Sukses Mendidik Generasi Milenial Berakhlak dan Berprestasi Bersama Gus Wahid

  Kamis, 25 Juli 2024 | 22:44:30 Dibaca 88
Parenting MIN 12 Gunungkidul dengan Tema Kiat Sukses Mendidik Generasi Milenial Berakhlak dan Berprestasi Bersama Gus Wahid
Parenting MIN 12 Gunungkidul

Ngawen (MIN 12 Gunugkidul) – Dalam rangka mempererat silaturahmi dan kerja sama antara madrasah dan orang tua dalam memberikan edukasi terhadap anak tentang pentingnya mengutamakan belajar dan menjalankan ibadah wajib sejak dini di era digital saat ini, MIN 12 Gunungkidul mengadakan kegiatan Parenting dan Pengajian dengan tema “Kiat Sukses Mendidik Generasi Milenial Berakhlak dan Berprestasi” pada Kamis (25/7/2024) di Aula MIN 12 Gunungkidul.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru dan pegawai madrasah, komite, guru TK, wali siswa kelas I - VI, wali siswa TK, dan mahasiswa KKN UPY Kaliwuluh 2024. Seluruhnya berjumlah 140 orang. Dalam kegiatan ini MIN 12 Gunungkidul menghadirkan narasumber Gus H. Wahid Syarifuddin Ahmad, S.H.I.,M.H.I. atau biasa di kenal dengan Gus Wahid.

Dalam penyampaian isi materi parenting tersebut Gus Wahid menyampaikan, “Pilar-pilar kiat sukses mendidik generasi milenial berakhlak dan berprestasi yaitu, pendidikan karakter dengan adanya teladan dari orang tua dan guru serta integrasi nilai-nilai moral, pengembangan keterampilan dengan pembelajaran aktif, pengembangan softskil, keseimbangan antara akademis dan non akademin, adanya keterlibatan orangtua dengan komunikasi terbuka, pendidikan nilai keagamaan”.

Gus Wahid juga menambahkan, “Orang tua sebaiknya mengawasi anak dalam penggunaan gadget, hal tersebut bertujuan melindungi anak agar tidak mengakses hal – hal yang berbau negatif dan agar tidak terlena”.

“Dengan adanya kegiatan parenting ini diharapkan orang tua mampu meberikan pendidikan karakter pada anak untuk membentuk dan mengembangkan aspek-aspek moral, etika, dan nilai-nilai positif dalam diri individu. Tujuannya adalah membantu anak untuk mengembangkan kepribadian yang baik, integritas, tanggung jawab, empati, kejujuran, dan nilai-nilai positif lainnya sehingga menjadi berkualitas,” ungkap kepala MIN 12 Gunungkidul, Subardi. Usai penyampaian materi kegiatan dilanjutkan dengan tadarus bersama dan ditutup dengan selawat bersama. (lcv)

Penulis : MIN Jurangjero/MIN 12

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul