MTsN 7 Gunungkidul ikut Mangayubagya Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-190.

  Kamis, 27 Mei 2021 | 16:47:09 Dibaca 144
MTsN 7 Gunungkidul ikut Mangayubagya Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-190.

Nglipar (MTsN 7 Gunungkidul) -- Berdasarkan Keputusan Bupati Gunungkidul Nomor 58/KPTS/ 2018 tentang penggunaan Pakaian Tradisional Jawa Yogyakarta pada Hari tertentu di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul yang bertepatan dengan Hari Jadi ke-190 Kabupaten Gunungkidul. Maka keluarga besar MTsN 7 Gunungkidul ikut "mangayubagyo"  dengan memakai Pakaian Tradisional Jawa Yogyakarta pada hari Kamis, (27/5/2021).

Menurut Kepala MTsN 7 Gunungkidul, Miftahul Ichwan, dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul dengan tagline ‘Cancut Taliwanda’  yang  berasal dari bahasa Jawa yang bisa diartikan untuk segera berangkat mengerjakan tugas. Apapun tugas masyarakat Gunungkidul harus dilaksanakan sesuai dengan tupoksinya masing- masing. Jadi semua pekerjaan akan dapat dipertanggungjawabkan hasilnya. "Semoga di Hari Jadi yang ke- 190  semua warga Gunungkidul tetap semangat menjalani rutinitas meskipun ditengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir  ini," ungkapnya. 

Di kesempatan yang sama, Ketua Dewan Budaya Gunungkidul, CB Supriyanto mengatakan jika ada makna dibalik angka 190 yang berbentuk seperti orang-orang yang bergandengan tangan dengan gerak dan warna yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut sebagai penggambaran bahwa setiap orang mempunyai pribadi dan karakter yang berbeda. Walaupun berbeda tetapi mempunyai tujuan dan cita-cita yg sama. Dengan saling bekerja sama, bergandengan tangan dan tolong menolong, tujuan dan cita-cita yang diharapkan dapat terwujud / tercapai.

"Cancut Taliwanda. Dalam bahasa Jawa, Cancut berarti menyingsingkan baju. Cancut Taliwanda memiliki arti untuk segera berangkat mengerjakan tugas. Secara filosofis, Cancut Taliwanda memiliki makna tidak hanya berpangku tangan, tetapi saling bekerjasama dengan segenap kemampuan yang dimiliki untuk satu tujuan yang menjadi cita-cita bersama. Bersatu adalah awal untuk kemajuan, Bekerja bersama adalah kunci menuju masyarakat yang maju. Seperti halnya karakter masyarakat Gunungkidul yang guyub rukun, tepa slira dan mengedepankan toleransi dan gotong royong untuk kemajuan bersama, " jelas CB Supriyanto.

Sementara itu, Koordinator Kehumasan, Mustofa mengatakan jika Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul yang ke -190 ini tetap kita jadikan momentum yang dapat dikenang dan diceritakan kepada anak cucu kita  kelak. Meskipun peringatan Hari jadi Kabupaten Gunungkidul ditengah pandemi Covid-19 akan tetapi tidak akan menyurutkan keinginan masyarakat Gunungkidul  untuk bersama-sama saling bahu membahu bekerja disegala sektor yang ada didaerah ini demi membangun Gunungkidul. "Besar harapan kita semua untuk menjadikan Kabupaten Gunungkidul ini semakin maju dan eksis dari sudut manapun berdasarkan sumber yang dimilikinya, sekali lagi Selamat Hari Jadi yang ke-190 untuk Kabupaten Gunungkidul dengan tema Cancut Taliwanda," tambahnya.( les )

Tetap sehat dan semangat 
#Lawan Covid19

Penulis : MTsN Nglipar/MTsN 7

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul