MTsN 4 Gunungkidul Menggelar Training Penilaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka

  Sabtu, 15 Oktober 2022 | 12:33:28 Dibaca 464
MTsN 4 Gunungkidul Menggelar Training Penilaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Gunungkidul (MTsN 4 Gunungkidul) -- Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan teknik Penilaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka, MTsN 4 Gunungkidul menggelar Training Penilaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada hari Sabtu (15/10/2022).

MTsN 4 Gunungkidul kembali menghadirkan narasumber Agus Suroyo, S.Pd.I, M.Pd.I., untuk memberikan pemahaman dalam penilaian pembelajaran pada kurikulum merdeka. Kehadiran Agus Suroyo yang kesekian kalinya memberikan pencerahan dalam pelaksanaan kurikulum merdeka  tersebut diikuti seluruh guru  MTsN 4 Gunungkidul.

Kepala MTsN 4 Gunungkidul, Muthohar, menyampaikan bahwa acara yang dilaksanakan ini untuk memahamkan diri terkait dengan mandatori tentang kurikulum merdeka di MTsN 4 Gunungkidul. "Kita akan lebih banyak mengerti dengan adanya training ini, karena salah satu akses akuntabilitas penting pendidikan memberikan penilaian terhadap siswa," ujar Muthohar. 

Sedangkan narasumber, Agus Suroyo menyampaikan materinya bahwa pelaporan hasil belajar atau assesmen dituangkan dalam bentuk laporan kemajuan belajar, yang berupa laporan hasil belajar, yang disusun berdasarkan pengolahan hasil penilaian. “Laporan hasil belajar paling sedikit memberikan informasi mengenai pencapaian hasil belajar peserta didik, setiap peserta didik unik karena mempunyai peta masing-masing, oleh karena itu Penilaian hasil belajar sebagai feedback dan jangan pernah membanding-bandingkan siswa satu dengan yang lainya,” pesan Agus.

Paradigma assesmen ada 5 yaitu yang pertama apresiasi, saran, perhatian, nilai, dan klarifikasi. “Pendidik memberikan umpan balik secara lisan atau tertulis, dapat diberikan terkait dengan tugas, maupun interaksi dengan peserta didik dalam pembelajaran,” kata Agus dalam penyampaian materinya. (eaf)

Penulis : MTsN Wonosari/MTsN 4

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul