Menuju Madrasah Adiwiyata, MTsN 5 Gunungkidul Terima Pendampingan DLH

  Kamis, 21 Januari 2021 | 07:25:36 Dibaca 168
Menuju Madrasah Adiwiyata, MTsN 5 Gunungkidul Terima Pendampingan DLH

Ngawen (MTsN 5 Gunungkidul) -- Tahun 2021, MTsN 5 Gunungkidul (Matsalim GK) ditunjuk sebagai salah satu calon madrasah Adiwiyata tingkat kabupaten oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gunungkidul. Untuk persiapan, diadakan kegiatan pendampingan ke 12 sekolah/madrasah tertunjuk. 

Pendampingan di Matsalim GK diadakan pada Rabu (20/1/2021) siang, pukul 13.00-15.00 WIB. Bertempat di ruang serba guna madrasah, pertemuan dihadiri oleh 2 narasumber dari DLH Gunungkidul, 3 tim adiwiyata SMPN 2 Gedangsari, serta kepala dan tim adiwiyata madrasah.

Materi yang disampaikan yakni gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PLHBS). Salah satu narasumber, Eko Suharso mengatakan bahwa Adiwiyata bukan sebuah perlombaan. "Adiwiyata lebih pada pembiasaan gerakan peduli lingkungan hidup, baik kebersihan maupun kesehatan," terangnya. 

Di akhir, perwakilan tim Adiwiyata dari SMPN 2 Gedangsari, Suhartini memaparkan pengalaman sekolahnya sampai menjadi sekolah Adiwiyata tingkat nasional. "Kuncinya adalah kekompakan seluruh warga sekolah. Awalnya memang ada unsur pemaksaan, tetapi kalau sudah jadi kebiasaan sudah enak," katanya. 

Sebelumnya, kepala Matsalim GK menyampaikan apresiasi atas kegiatan ini. "Materi hari ini akan menjadi modal perjuangan kami untuk dapat lolos sebagai madrasah Adiwiyata tingkat kabupaten," ujarnya. Pihaknya akan segera berkoordinasi dengan segenap tim agar dapat segera eksekusi program Adiwiyata. (nes)

Penulis : MTsN Ngawen/MTsN 5

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul