Masa Pandemi, MTsN 9 Gunungkidul Perbanyak Baca Al Quran dan Perdalam Ilmu Tajwid

  Kamis, 14 Januari 2021 | 07:41:39 Dibaca 271
Masa Pandemi,  MTsN 9 Gunungkidul Perbanyak Baca Al Quran dan Perdalam Ilmu Tajwid

Rongkop (MTsN 9 Gunungkidul) -- Saat ini pandemi Covid-19 sedang mewabah di hampir seluruh negara di dunia. Namun, ada sisi positif dari pandemi ini yaitu adanya usaha untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, salah satunya yaitu dengan membaca Al Quran.

Hal inilah yang dilakukan MTsN 9 Gunungkidul selama dua semester terakhir ini. Pada saat sekolah berjalan normal sebelum pandemi Covid-19, tadarus Al Quran hanya dilakukan oleh guru yang tidak mengajar pada jam pertama dan pegawai tata usaha yang tidak melakukan aktivitas.

Pada masa pandemi ini (sebelum PSBB), kegiatan tadarus Al Quran dapat dilakukan oleh seluruh guru dan pegawai tata usaha setiap pagi hari sebelum pembelajaran online dimulai yang dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah. Hal ini dilakukan untuk menjemput kemuliaan AlQuran, mendekatan diri dengan Al Quran, dan memperlancar bacaan Al Quran.

Menurut Iskak Rusmadi, Kepala MTsN 9 Gunungkidul, bacaan guru dan pegawai tata usaha sekarang sudah meningkat dan lancar. Agar lebih baik lagi dalam membaca Al Quran perlu ditambahi dengan belajar ilmu tajwid AlQuran. Setiap tadarus Al Quran ayat terakhir yang dibaca dijelaskan ilmu tajwidnya oleh Iskak ataupun Sujak Iskandar, guru Quran Hadits. "Sering-seringlah membaca Al Quran, jangan hanya di madrasah saja tapi juga di rumah bersama keluarga. Jangan lupa untuk selalu memotivasi para siswa agar setiap hari membaca AlQuran," jelasnya. Kegiatan tersebut pun disambut baik oleh seluruh guru dan pegawai tata usaha MTsN 9 Gunungkidul. (iba/nh)

Penulis : MTsN Rongkop/MTsN 9

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul