MAN 1 Gunungkidul Laksanakan Upacara HAB Ke-75

  Selasa, 05 Januari 2021 | 12:20:32 Dibaca 128
MAN 1 Gunungkidul Laksanakan Upacara HAB Ke-75

Wonosari (MAN 1 Gunungkidul) – Pendidik dan tenaga kependidikan MAN 1 Gunungkidul melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI ke-75. Petugas upacara dan peserta upacara merupakan seluruh pendidik dan tenaga pendidik MAN 1 Gunungkidul. Upacara dilaksanakan di halaman madrasah, Selasa (5/1/2021).

Dalam upacara tersebut, inspektur upacara menyampaikan sambutan dari Menteri Agama RI. Peringatan HAB tahun ini mengusung tema “Indonesia Rukun”. Tema ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.

Pengembangan toleransi dan kerukunan antarumat beragama merupakan karya bersama para Tokoh Agama, para Menteri Agama dan aparatur Kementerian Agama dari masa ke masa. Tanpa toleransi, tidak ada kerukunan. Toleransi dan kerukunan antarumat beragama dilakukan dengan tanpa mengusik akidah dan keimanan masing-masing pemeluk agama. Pengalaman membuktikan toleransi dan kerukunan tidak tercipta hanya dari satu pihak, sedangkan pihak yang lain berpegang pada hak-haknya sendiri. Dewasa ini, kita mengembangkan moderasi beragama, agar toleransi dan kerukunan yang sudah ada lebih mengakar di dalam kehidupan
sehari-hari bangsa kita.

Di negara yang berdasarkan Pancasila ini, tidak ada diktator mayoritas atau tirani minoritas. Dalam kaitan itu, semua umat beragama dituntut untuk saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing, dimana hak seseorang dibatasi oleh hak-hak orang lain.(ttn)

Penulis : MAN 1 Gunungkidul

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul