KUA Nglipar Sosialisasikan Gerakan 5 M Bersama Lintas Instansi dan Ormas

  Kamis, 04 Februari 2021 | 10:24:27 Dibaca 342
KUA Nglipar Sosialisasikan Gerakan 5 M Bersama Lintas  Instansi dan Ormas

Nglipar (KUA) - Laju penambahan kasus aktif Covid-19 di Indonesia masih terus terjadi, bahkan sudah menembus angka lebih dari satu juta. Semua elemen bangsa, baik dijajaran pemerintahan maupun masyarakat secara umum perlu terus melakukan langkah-langkah nyata dalam rangka berkontribusi aktif dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19. Sebagai wujud nyata dari upaya ini, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan Instruksi Menteri Agama Nomor: 01 tahun 2021 tentang Gerakan Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan (5M). Instruksi ini ditujukan kepada seluruh jajaran Kementerian Agama, mulai pusat hingga KUA kecamatan sebagai ujung tombak Kementerian Agama. Hal ini untuk mengintensifkan sosialisasi penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat. Menag juga meminta jajarannya untuk mengajak ormas dan tokoh agama dalam sosialisasi protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan interaksi, serta menjauhi kerumunan.

Menindaklanjuti instruksi Menag tersebut, KUA Kapanewon Nglipar segera melakukan koordinasi dengan seluruh jajaran internalnya, baik para ASN maupun para Penyuluh Agama Islam Non PNS-nya agar turut serta menjadi teladan di tengah-tengah keluarga, kelompok jemaah atau pengajian maupun masyarakat disekitarnya dalam hal penerapan Gerakan 5M sebagai upaya nyata membantu pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Kepala KUA Nglipar Endra Muhadi, juga mengajak seluruh jajarannya agar turut berperan aktif menyosialisasikan Gerakan 5M dengan cara bersinergi dengan aparat pemerintah disemua tingkatan maupun dinas atau instansi yang ada ditingkat Kapanewon Nglipar. Disamping itu tidak kalah penting, bagaimana melalui Penyuluh Agama Islam Dwi Wahyuni dapat melakukan sinergisitas dengan tokoh agama dan organisasi keagamaan yang ada, untuk bersama-sama menyukseskan Sosialisasi Gerakan 5M di tengah masyarakat secara luas. Alhamdulillah dalam beberapa hari ini upaya sinergisitas terkait sosialisasi Gerakan 5M mendapatkan respon positif dari berbagai pihak, seperti yang diungkapkan Masduqi, admin media sosial KUA Nglipar, bahwa di media Facebook KUA Nglipar dalam minggu ini dipenuhi  dengan ajakan penerapan Gerakan 5M, baik dari internal jajaran pegawai maupun unggahan video bentuk dukungan organisasi keagamaan yang ada di Kapanewon Nglipar meliputi Ketua Mejelis Ulama Indonesia (MUI), Pimpinan Cabang Muhammadiyah Nglipar dan Pengurus Pemuda Ansor Nglipar.

Beberapa upaya tersebut di atas, secara khusus juga mendapatkan apresiasi dari Panewu Nglipar Sukamto. Ungkapan dukungan dan penghargaan disampaikan Sukamto saat pemasangan spanduk Gerakan 5M di beberapa lokasi strategis di wilayah Kapanewon Nglipar. (Mdq)

Penulis : KUA Nglipar

Editor : Andi Eko

Facebook Kemenag Gunungkidul