Kepala Kankemenag Gunungkidul: Jaga Kebiasaan Baik

  Selasa, 15 September 2020 | 19:35:35 Dibaca 96
Kepala Kankemenag Gunungkidul: Jaga Kebiasaan Baik

Gunungkidul (Kankemenag) – Kepala Kankemenag Kabupaten Gunungkidul Arief Gunadi menjelaskan penundaan keberangkatan jemaah haji tahun 1441 H/ 2020 M dilakukan demi keselamatan jemaah haji. Semua jemaah haji menjadi mundur keberangkatannya dan yang terdampak tidak hanya jemaah haji dari Indonesia saja, tetapi juga jemaah haji dari negara lainnya.

Hal ini disampaikan Arief Gunadi saat menjadi narasumber dalam Sosialisasi Peraturan Perhajian dan Pembinaan Mental Jemaah Haji yang diadakan di Lantai Dasar Masjid Agung Al Ikhlas Wonosari, Selasa (15/9/2020).

“Penundaan ini dilakukan karena dikhawatirkan jemaah haji tidak dapat melakukan physical distancing saat menunaikan ibadah haji di masa pandemi ini,” paparnya.

Meski demikian, Arief mengajak para calon jemaah haji untuk tetap melakukan kebiasaan baik selama belum menunaikan ibadah haji. Ini sebagai pembelajaran mental agar ketika di tanah suci tidak melakukan hal-hal yang tidak baik. “Karena nanti akan ada implikasi yang bersifat langsung. Ibaratnya penjual, akan ada yang langsung membeli,” ujarnya.

Arief menambahkan, haji sebenarnya adalah ujian mental. Untuk itu persiapkan dengan sebaik-baiknya. “Jaga hati, jaga pikiran, perasaan dan mental. Bangun kesadaran, kita akan berinteraksi dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda. Yang perlu disatukan adalah keyakinan bahwa kita bersaudara, sama-sama jemaah haji,” pesannya. (and)

Penulis : Andi Eko

Editor : Andi Eko

Facebook Kemenag Gunungkidul