Kepala Kankemenag Gunungkidul Harap BWI Gunungkidul Jadi Solusi Problematika Wakaf

  Selasa, 15 September 2020 | 18:10:28 Dibaca 161
Kepala Kankemenag Gunungkidul Harap BWI Gunungkidul Jadi Solusi Problematika Wakaf

Gunungkidul (Kankemenag) – Pengurus Perwakilan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kabupaten Gunungkidul Masa Jabatan Tahun 2020-2023 dikukuhkan oleh Wakil Ketua BWI DIY, Imron Rosyid, di Ruang Rapat I Setda Kabupaten Gunungkidul, Selasa (15/9/2020).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul, Arief Gunadi, mengucapkan selamat atas dikukuhkannya Pengurus Perwakilan BWI Kabupaten Gunungkidul. “Saya mengucapkan selamat melaksanakan tugas dan tentu sebagai Pengurus Perwakilan Badan Wakaf Indonesia Kabupaten Gunungkidul, dikukuhkannya pengurus ini adalah sebagai tonggak sejarah, dimana wakaf di Kabupaten Gunungkidul akan diperhatikan dan mendapat pelayanan secara optimal sebagaimana yang kita harapkan bersama,” ujarnya.

Arief berharap BWI Kabupaten Gunungkidul dapat menjadi solusi dari problematika tentang wakaf di Kabupaten Gunungkidul. Mengenai khasanah wakaf, pengurus dapat terus menyampaikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat di Kabupaten Gunungkidul, salah satunya dengan memberdayakan PPAIW yang ada di KUA Kapanewon.

“Wakaf yang produktif akan berdaya guna dan memiliki hasil yang dapat dimanfaatkan oleh peruntukan wakaf itu sendiri ketika pengurus BWI dapat betul-betul melaksanakan tugas fungsinya sesuai amanat organisasi,” terangnya.

Arief menambahkan, yang perlu diperhatikan secara khusus adalah bagaimana 1910 masjid yang ada di Kabupaten Gunungkidul ini dapat dilakukan inventarisasi. “Tempat ibadah dan lembaga yang digunakan publik yang berasal dari wakaf dapat kemudian secara legal formal diselesaikan administrasinya untuk meminimalisasi problematika yang muncul dikemudian hari, karena wakaf yang terkait pembangunan tempat ibadah, lembaga dan sarana lain, merupakan salah satu aset umat dan salah satu jariyah yang tidak boleh terputus hanya karena persoalan menyangkut aspek-aspek basyariah,” tandasnya.

Selain pengurus BWI, turut hadir dalam pengukuhan ini, Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi, Ketua BPN Kabupaten Gunungkidul Achmad Suroyo, unsur MUI Ahmad Kharis Masduki dan Kepala KUA. (and)

Penulis : Andi Eko

Editor : Andi Eko

Facebook Kemenag Gunungkidul