Kemenag Gunungkidul Gelar Halal Bi Halal Virtual

  Kamis, 28 Mei 2020 | 15:58:33 Dibaca 226
Kemenag Gunungkidul Gelar Halal Bi Halal Virtual

Wonosari (Kankemenag) - Halal Bi Halal adalah salah satu tradisi yang biasa dilakukan saat lebaran tiba, karena pada momen ini kita dapat bersilaturahmi dengan sanak saudara. Namun tradisi Halal Bi Halal ini tidak dapat kita laksanakan saat ini karena imbas dari pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan Kepala Kankemenag Gunungkidul Arief Gunadi pada Halal Bi Halal dan Pembinaan ASN Kemenag Gunungkidul yang digelar secara Virtual di Bangsal Sewokoprojo, Kamis (28/5/2020).

"Surat Edaran Menteri Agama Nomor 6 tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di tengah pandemi Covid-19, menyebutkan bahwa silaturahmi atau Halal Bi Halal yang lazim dilaksanakan ketika Hari Raya Idul Fitri dapat dilakukan melalui media sosial dan video call/ conference," papar Arief.

"Atas nama seluruh ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441H, Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin, Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, kulla 'amin wa antum bi khoir," kata Arief.

Selanjutnya Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, Edhi Gunawan dalam pembinannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada ASN Kemenag Gunungkidul atas kerja keras dan koordinasi yg baik selama ini. "Mari kita bangun kebersamaan kita dalam rangka melaksanakan tugas layanan di Kementerian agama," ungkap Edhi.

Edhi pun berpesan agar pegawai mematuhi protokol kesehatan dalam rangka mencegah Covid-19, baik di kantor maupun dimadrasah.

Edhi juga mengapresiasi kepedulian Kemenag Gunungkidul kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. "Saya mengucapkan terimakasih kepada Kemenag Gunungkidul melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan bekerja sama dengan Baznas Gunungkidul yang telah menyalurkan 380 paket bantuan sembako kepada masyarakat dan menasarufkan zakat sebesar Rp. 95,5 juta kepada ormas Islam,GTT, dan PTT di lingkungan Kemenag Gunungkidul," terangnya.

Dalam kesempatan ini, Edhi juga menyampaikan Selamat Hari Jadi Ke-189 Kabupaten Gunungkidul.

"Semoga masyarakat di Kabupaten Gunungkidul semakin sejahtera," ujarnya.

Sebelumnya Kasubag TU Kemenag Gunungkidul, Mukotip menyampaikan kegiatan ini diikuti oleh ASN di lingkungan  Kemenag Gunungkidul secara virtual melalui aplikasi zoom dan chanel youtube Kemenag Gunungkidul. Halal Bi Halal tahun ini mengambil tema Merawat Kesucian Diri dan Menguatkan Solidaritas Kemanusiaan.

"Harapannya setelah Idul Fitri ini akan tumbuh sifat fitrah manusia, atas integritas diri, kejujuran,dan tanggung jawab serta sifat mulia lainnya,yang finalnya paska Idul Fitri Kemenag Gunungkidul mampu melayani secara prima,terutama mempersiapkan diri mengahdapi New normal," pungkas Mukotip. (sna)

Penulis : Siti Nurafrianti

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul