Empat Belas Santri Darul Quran Raih Juara KSM 2024

  Jumat, 26 Juli 2024 | 09:30:10 Dibaca 181
Empat Belas Santri Darul Quran Raih Juara KSM 2024

Wonosari (PPDQWI) – Kontingen Madrasah-Sekolah Terpadu Darul Quran sukses meraih gelar juara dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Tahun 2024. Sebanyak 14 santri menyapu bersih gelar juara KSM Tahun 2024 pada kategori individu dan kategori beregu tingkat MI/SD, MTS/SMP, dan MA/SMA.

Pada KSM kategori individu, ananda Ahmad Daffa Narindra berhasil meraih juara I untuk cabang IPA terpadu tingkat MTs/SMP. Begitu juga ananda Muhammad Azad Moqtafin dan Tsaqifa Dina Kamila, keduanya meraih juara I cabang matematika dan Geografi tingkat MA/SMA. Sedangkan dua santri MA Darul Quran lainnya ananda Miftah Kunuzil Hikmah dan Farros Halim Kuswanto berhasil meraih juara II dan juara III untuk cabang kimia dan fisika tingkat MA/SMA.

Sementara itu, pada KSM kategori beregu, ananda Uchsin Usyaqi Athiyya, Akmal Muzaki, dan Anisa Inayati berhasil meraih juara I kompetisi Sosial Sains Terpadu tingkat MA/SMA. Sedangkan Alief Galih Effendi, Muhammad Rosichul Irfan dan Muhammad Jamaluddin Husain sukses meraih juara II kompetisi Sosial Sains Terpadu tingkat MTS/SMP. Tak ketinggalan tiga santri MI Darul Quran ananda Naura Hasna Salsabila, Azka Faris Athaya dan Tsaniyatul Mukaromah juga berhasil meraih juara 3 kompetisi Sosial Sains Terpadu tingkat MI/SD.

Dengan capaian prestasi tersebut, ananda Achmad Daffa Narindra, Muhammad Azad Moqtafin, dan Tsaqifa Dina Kamila melaju ke KSM tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta untuk kategori peserta individu. Begitu juga ananda Alief Galih Effendi, Muhammad Rosichul Irfan, Muhammad Jamaluddin Husain, Uchsin Usyaqi Athiyya, Akmal Muzaki, dan Anisa Inayati juga melaju ke KSM tingkat Provinsi DI Yogyakarta untuk kategori beregu.

Keempat belas santri Darul Quran itupun menerima anugerah juara KSM tahun 2024 tingkat Kabupaten Gunungkidul berupa piala, sertifikat penghargaan, dan beasiswa dari Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul.

Ketua Panitia KSM 2024 Tingkat Kabupaten Gunungkidul, Supriyanto mengatakan KSM 2024 yang telah berlangsung pelaksanaannya sejak Juni tersebut diikuti banyak peserta dari semua tingkatan. Diantaranya terdiri dari 83 siswa MI/SD, 31 siswa MTS/SMP dan 12 siswaMA/SMA. Ia bersyukur KSM 2024 berlangsung sukses hingga tahap penganugerahan penghargaan kepada para juara. Supriyanto juga berharap masyarakat Gunungkidul mendoakan dan mendukung para siswa yang berhasil lolos melaju ke KSM tingkat DI Yogyakarta yang akan dilaksanakan pada Agustus mendatang.

“Anak-anak kita yang dinyatakan lolos akan mengikuti KSM tingkat provinsi, 31 Juli akan kita uji coba dan 1 Agustus akan melaksanakan KSM tingkat DIY di Tempel, Sleman. Mohon dukungan dari semua pihak, mudah-mudahan Gunungkidul bisa mewarnai, syukur-syukur bisa sampai nasional yang akan dilaksanakan pada September di Maluku Utara,” kata Supriyanto saat memberi sambutan pada penganugerahan Juara KSM 2024 Tingkat Kabupaten Gunungkidul di Aula PLHUT Kemenag Gunungkidul pada Rabu (24/7/2024).

Muhammad Azad Moqtafin peraih juara 1 cabang Matematika tingkat MA/SMA mengaku bangga dan bersyukur atas prestasi yang telah diraih. Menurutnya capaian gemilang kontingen KSM Darul Quran tak lepas dari peran besar para guru dan pendamping yang terus membimbing para santri dalam mempersiapkan diri menghadapi kompetisi. Kini ia pun lebih optimis mempersiapkan diri untuk menghadapi kompetisi KSM tingkat provinsi.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gunungkidul, Sa’ban Nuroni mengajak setiap siswa yang lolos melaju ke KSM tingkat provinsi untuk lebih mempersiapkan diri. Ia pun optimis Kabupaten Gunungkidul bisa unjuk gigi dalam ajang KSM tingkat provinsi. “Kita bersiap mempersiapkan diri sebaik mungkin. Kita percaya, kita pasti menang,” katanya.

Ketua Yayasan Darul Quran Wal Irsyad Wonosari, H. Aryanto Purbo Prasetyo merasa bersyukur atas prestasi yang diraih oleh kontingen Darul Quran baik tingkat MI, MTs maupun MA. Ia pun mengapresiasi pencapaian para santri kontingen KSM Darul Quran dan mengajak agar lebih bersemangat untuk menghadapi kompetisi KSM tingkat provinsi.

“Terima kasih kepada anak-anakku yang telah bersemangat mempersiapkan diri secara maksimal hingga dapat meraih prestasi sampai titik ini. Tetap jaga semangat dan lanjutkan perjuangan kalian. Terima kasih pula kepada segenap tim pembimbing KSM yang telah membersamai anak-anak dengan sabar. Mari kita siapkan kontingen hebat ini untuk menghadapi ke tingkat selanjutnya, baik provinsi maupun insyaAllah nasional. Kalian semua tim yang hebat. Terima kasih," tandasnya. (And)

Penulis : Madrasah

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul