Dua Guru MTsN 5 Gunungkidul Sukses Gelar Diseminasi Hasil Diklat

  Rabu, 14 Oktober 2020 | 11:05:35 Dibaca 228
Dua Guru MTsN 5 Gunungkidul Sukses Gelar Diseminasi Hasil Diklat

Ngawen (MTsN 5 Gunungkidul) -- Dua guru muda MTsN 5 Gunungkidul sukses gelar diseminasi hasil diklat pada Senin (12/10/2020). Mereka yakni Aan Anepi (guru bahasa Arab) dan Yoma Taufani Oktafirdaus Yusmal (guru Seni Budaya) yang sebelumnya mengikuti Diklat Di Wilayah Kerja (DDWK) dengan materi Publikasi Ilmiah yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) Semarang pada 28 Agustus - 03 Oktober 2020 lalu. 

Diseminasi dilakukan di hadapan seluruh guru Matsalim GK dengan metode presentasi. Materi yang disampaikan mencakup jenis-jenis publikasi ilmiah, cara menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah dan perhitungan angka kredit. 

"Publikasi ilmiah merupakan salah satu tuntunan profesional guru. Dapat dilakukan dengan membuat buku dan upload artikel di jurnal, koran atau majalah," terang Aan Anepi. 

Sementara, Yoma Taufani mengatakan bahwa publikasi ilmiah sangat mendongkrak dalam proses kenaikan pangkat. "Dengan melakukan publikasi ilmiah, kita mendapat angka kredit yang banyak. Misalnya buku ber-ISBN itu bisa sampai 4 poin," tandasnya. 

Di akhir, kepala Matsalim GK, Dedy Mustadjab, menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan diseminasi ini. Pihaknya mendorong seluruh guru untuk aktif melakukan pengembangan diri dan karir, namun tetap harus ikhlas berbagi. (nes)

Penulis : MTsN Ngawen/MTsN 5

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul