Rongkop (MTsN 9 Gunungkidul) — Sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas pendidikan madrasah, para guru MTsN 9 Gunungkidul mengikuti kegiatan diseminasi Pelatihan Tindak Lanjut Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) tahun 2024 pada Selasa (5/11/2024) di Laboratorium IPA. Acara ini diselenggarakan sebagai langkah konkret untuk memperkuat kemampuan guru dalam mengimplementasikan hasil asesmen pada proses belajar mengajar di madrasah.
Kegiatan ini dipandu oleh Wahyuning Sadwuri dan Cahya Widya Purnama yang telah mendapatkan pelatihan AKMI sebelumnya. Mereka berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada rekan-rekan sejawat, membahas berbagai metode pembelajaran dan strategi yang sesuai dengan hasil asesmen yang dihasilkan oleh AKMI.
Menurut Iskak Rusmadi, Kepala MTsN 9 Gunungkidul, pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menganalisis dan memahami data hasil asesmen siswa.
"Dengan adanya tindak lanjut ini, kami berharap guru mampu menyesuaikan pembelajaran berdasarkan kebutuhan siswa yang teridentifikasi dalam AKMI, sehingga pembelajaran dapat lebih efektif dan tepat sasaran," ungkapnya.
Para guru mengikuti sesi materi tentang metode pembelajaran, membaca hasil AKMI dan pemanfaatan data hasil AKMI untuk merancang pembelajaran yang lebih responsif terhadap kebutuhan siswa. Selain itu, juga ada sesi pelaksanaan workshop terkait pengembangan rencana pembelajaran berbasis literasi.
Dengan adanya tindak lanjut ini, MTsN 9 Gunungkidul berharap dapat meningkatkan mutu pembelajaran yang berkelanjutan, sekaligus mempersiapkan siswa menghadapi tantangan akademis dengan lebih baik. Para guru juga diharapkan terus mengembangkan diri dan mengimplementasikan metode yang telah dipelajari untuk menghasilkan pembelajaran yang inovatif dan berpusat pada siswa. (nh)
Penulis : MTsN Rongkop/MTsN 9
Editor : Siti Nurafrianti