MTsN 2 Gunungkidul Selenggarakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

  Sabtu, 03 Juni 2023 | 13:53:03 Dibaca 148
MTsN 2 Gunungkidul Selenggarakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Ponjong (MTsN 2 Gunungkidul) -- Kamis (1/6/2023), MTs Negeri 2 Gunungkidul menyelenggarakan upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2023. Upacara yang dimulai pukul 07.00 WIB dan berlokasi di halaman MTs Negeri 2 Gunungkidul ini berlangsung dengan tertib dan khidmat.

Pada peringatan tahun 2023 ini, upacara tidak hanya diikuti oleh warga MTs Negeri 2 Gunungkidul akan tetapi juga diikuti oleh seluruh pegawai Kemenag kapanewon Ponjong, diantaranya Kepala dan Pegawai Kantor Urusan Agama (KUA) kapanewon Ponjong. Hal ini sebagaimana hasil koordinasi lintas sektoral Kemenag Kapanewon Ponjong, upacara peringatan hari Lahir Pancasila dipusatkan di MTs Negeri 2 Gunungkidul.

Dalam amanatnya sebagai pembina upacara, Sutriyono S.E., Kepala Tata Usaha MTs Negeri 2 Gunungkidul menyampaikan sejarah lahirnya Pancasila, rumusan piagam Jakarta, dan rumusan final Pancasila yang disusun oleh founding fathers serta para tokoh agama dan para pejuang kemerdekaan. Lebih lanjut Sutriyono menyampaikan dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika bangsa Indonesia dapat hidup rukun dan gotong royong serta menjadi rujukan masyarakat internasional untuk membangun kehidupan yang damai, adil, makmur di tengah kemajemukan dunia. 

"Peserta upacara yang saya hormati tidak ada pilihan lain kecuali kita harus bahu-membahu menjaga Pancasila, menggapai cita-cita bangsa sesuai dengan Pancasila. Tidak ada pilihan lain kecuali seluruh anak bangsa harus menyatukan hati, pikiran, dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan serta waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila," imbuh Sutriyono di akhir amanatnya.

Sebagai petugas upacara pada peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 ini adalah kolaborasi guru, karyawan, dan pengurus OSIS MTs Negeri 2 Gunungkidul. (tim)

Penulis : MTsN Sumbergiri/MTsN 2

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul