MTQ Tingkat Kabupaten Gunungkidul Tahun 2022 Resmi Dibuka

  Minggu, 20 Maret 2022 | 10:46:47 Dibaca 504
MTQ Tingkat Kabupaten Gunungkidul Tahun 2022 Resmi Dibuka

Wonosari (Kemenag Gunungkidul) – Bupati Gunungkidul, H. Sunaryanta, resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten Gunungkidul yang diselenggarakan di Lantai Dasar Masjid Agung Al Ikhlas dan MTs Muhammadiyah Wonosari, Ahad (20/3/2022).

MTQ Tahun 2022 ini bertemakan “Meneguhkan Pemahaman dan Pengamalan Nilai-Nilai Al Qur’an untuk Masyarakat yang Saleh, Moderat, Cerdas dan Unggul Menuju Gunungkidul Bermartabat”. MTQ ini terselenggara atas kerja sama antara Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul dengan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul.

Bupati Gunungkidul mengatakan bahwa MTQ tidak hanya digunakan sebagai panggung untuk membaca Al Qur’an saja, tetapi lebih menitikberatkan pada pengamalan nilai-nilai yang terkandung di dalam Al Qur’an.

Sebelumnya, Kabag Kesra Pemkab Gunungkidul, Azis Saleh, selaku Ketua Penyelenggara mengatakan, selain untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam membaca, memahami dan mengamalkan isi kandungan Al Qur’an didalam kehidupan sehari-hari, MTQ ini juga bertujuan untuk menjaring bibit-bibit unggul di Kabupaten Gunungkidul dan sekaligus persiapan dalam menghadapi MTQ Tingkat DIY yang akan dilaksanakan pada bulan Mei tahun 2022 di Komplek Kepatihan Yogyakarta.

Ada sepuluh cabang yang diperlombakan di MTQ Tingkat Kabupaten Gunungkidul ini, yaitu Tartil anak putra dan putri, Tilawah anak putra dan putri, Tilawah dewasa putra dan putri, Tahfidz 1 juz dan tilawah putra dan putri, Tahfidz 5 juz dan tilawah putra dan putri, Tahfidz 10 juz putra dan putri, Tahfidz 20 juz putra dan putri, Tahfidz 30 juz putra dan putri, Hiasan mushaf putra dan putri, serta Hiasan dekorasi putra dan putri.

“Musabaqah Tilawatil Qur’an tahun ini diikuti oleh 130 peserta dari 18 kafilah MTQ kapanewon se-Kabupaten Gunungkidul yang sudah terseleksi dan dibina ditingkat kapanewon masing-masing,” terang Azis.

Mewakili Kepala Kankemenag Gunungkidul, Kasubbag TU Drs. H. Andar Prasetyo, MA melantik Dewan Hakim MTQ Tingkat Kabupaten Gunungkidul. (and)

Penulis : Andi Eko

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul