KB-RA Darul Quran Gelar Akhirussanah dan Pelepasan Peserta Didik

  Sabtu, 03 Juni 2023 | 16:23:14 Dibaca 248
KB-RA Darul Quran Gelar Akhirussanah dan Pelepasan Peserta Didik

Wonosari (PPDQWI) – Kelompok Bermain dan Raudhotul Athfal (KB-RA) Darul Qur’an Wonosari menyelenggarakan Akhirussanah dan Pelepasan Peserta Didik Tahun Pelajaran 2022-2023 yang bertempat di Komplek RA Darul Quran Wonosari, Sabtu (3/6/2023).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Kankemenag Gunungkidul, Drs. H. Sa’ban Nuroni, M.A., yang sekaligus selaku ketua komite KB-RA Darul Quran, Pengasuh Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad, Drs. KH. A. Kharis Masduki, M.S.I., Ketua Yayasan Darul Quran Wal Irsyad Wonosari, H. Aryanto Purbo Prasetyo, S.I.P, Pengawas RA Wonosari Hj. Khisbiyah, S.Ag, M.A, Penilik KB Wonosari Siti Rohyani, S.Pd, M.S.I dan Jemino, S.H.I selaku perwakilan wali murid.

Acara dimulai dengan penampilan selawat dari siswa KB-RA Darul Qur’an dan dilanjutkan Sambutan dari Kepala KB-RA Darul Qur’an, Siti Nur Chimah, S.Pd.I. Dalam sambutannya Siti Nur Chimah menyampaikan bahwa tahun ini KB-RA Darul Qur’an meluluskan sebanyak 41 siswa, yang sudah menjalani 2 sampai 3 tahun pendidikan dan telah menyelesaikan hafalan juz 30. Chimah berharap agar siswa-siswanya melanjutkan pada jenjang selanjutnya yang lebih tinggi.

Selanjutnya prosesi pelepasan dengan menampilkan hafalan surat al’adiyat & An-Naba’ dan juga nyanyian persembahan kepada guru. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Drs. KH. A. Kharis Masduki, M.S.I. Dalam sambutannya berpesan bahwa yang paling berharga saat ini adalah lingkungan yang baik dan bagi orang tua dari sekian kenikmatan dan kebahagiaan itu jika  punya anak yang cerdas dan beradab, itu mengalahkan kekayaan yang berupa bendawi, “Apalah artinya ilmu yang tinggi jika tidak memiliki adab yang baik," pesannya.

Sementara itu, Ketua Komite KB-RA Darul Qur’an Drs. H. Sa’ban Nuroni, M.A. menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh civitas akademik KB-RA wabil khusus kepada Drs. KH. A. Kharis Masduki yang telah menyelenggarakan pendidikan tingkat KB-RA, dan berhasil mewujudkan kebiasaan baik yang insya Allah akan diteruskan di umur-umur jenjang pendidikan selanjutnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Hj. Khisbiyah, S.Ag, M.A, Pengawas RA Kapanewon Wonosari yang berharap agar para peserta didik melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.  “Ibu-ibu dan bapak-bapak patut berbangga anak-anaknya sudah mendapatkan pondasi bekal agama, yang nantinya tentu harus dilanjutkan ke jenjang pendidikan yang memiliki pondasi agama juga”, harapnya.

Selanjutnya Siti Rohyani, S.Pd, M.S.I Penilik KB Kapanewon Wonosari, menyampaikan bahwa, “Belum ada KB-RA di kapanewon wonosari yang pernah menyelenggarakan akhirussanah dan pelepasan, dan KB-RA Darul Qur’an menjadi yang pertama kali menyelenggarakan akhirussanah dan pelepasan di kapanewon wonosari,” tegasnya.

Dalam acara ini ditampilkan juga pildacil oleh ananda Muhammad Yusuf Shofa, Putra dari Bapak Jemino, S.H.I, yang memukau semua wali murid yang hadir di majelis itu, video selengkapnya bisa disaksikan di kanal youtube Darul Qur’an Channel. (Bhr)

Penulis : Madrasah

Editor : Siti Nurafrianti

Facebook Kemenag Gunungkidul